Polisi Irlandia Utara Gagalkan Ledakan Bom Raksasa

Polisi Irlandia Utara Gagalkan Ledakan Bom Raksasa
Polisi Irlandia Utara Gagalkan Ledakan Bom Raksasa
BELFAST - Dua bom berdaya ledak tinggi berhasil dijinakkan oleh kepolisian Irlandia Utara, Sabtu (28/4). Salah satu bom -diduga ditanam oleh militan nasionalis yang menuntut kemerdekaan dari Inggris Raya- disebut berukuran sampai 270 kg dan dapat membunuh orang dalam radius 50 meter.

Bom berukuran raksasa tersebut ditemukan polisi dalam sebuah mobil yang terbengkalai di kota Newry. Ledakan bom dengan ukuran yang relatif serupa tahun 1998 lalu telah menewaskan setidaknya 20 orang di kota Omagh. Bom tahun 1998 tersebut merupakan insiden ledakan tunggal yang paling banyak memakan korban dalam sejarah kekerasan berbau separatis di negeri yang secara formal merupakan suatu provinsi di bawah kerajaan Inggris Raya itu.

Polisi mengatakan, pelaku peletakan bom berukuran raksasa ini adalah para nasionalis Irlandia yang selalu ingin mencelakai orang-rang yang bertentangan dengan mereka. “Sebagai gambaran, siapapun yang berada dalam radius 50 meter dari bom ini pasti terbunuh dan yang dalam jarak 100 meter akan terluka parah,” ucap kepala kepolisian lokal Alasdair Robinson, sebagaimana dikutip oleh Reuters.

“Ini merupakan bom dengan daya ledak sangat tinggi. Kalau meledak kerusakan yang disebabkannya akan sangat parah,” kata Robinson.

BELFAST - Dua bom berdaya ledak tinggi berhasil dijinakkan oleh kepolisian Irlandia Utara, Sabtu (28/4). Salah satu bom -diduga ditanam oleh militan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News