Polisi Tangkap Dua Terduga Penyalur TKI Ilegal ke Malaysia

Polisi Tangkap Dua Terduga Penyalur TKI Ilegal ke Malaysia
Sejumlah petugas mengevakuasi penemuan mayat korban kapal karam pembawa TKI ilegal ke dalam mobil ambulans di Pelabuhan Vokala PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Kamis (23/1). Foto: ANTARA/Aswaddy Hamid

jpnn.com, PEKANBARU - Kepolisian Daerah Riau menyatakan telah menangkap dua terduga pelaku penyalur belasan TKI ilegal yang tenggelam di perairan Selat Malaka, tepatnya di perairan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau.

“Untuk saat ini telah diamankan dua orang terduga pelaku yang berperan menampung dan menyalurkan TKI ilegal yang tenggelam di Bengkalis," kata Kepala Bidang Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto kepada ANTARA di Pekanbaru, Jumat (24/1) malam.

Dia mengatakan kedua pelaku itu terdiri dari seorang pria berinisial JF (52) warga Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat dan seorang wanita berinisial MZ (39) warga Desa Sukarjo Mesim, Kecamatan Rupat, Bengkalis.

Selain kedua pelaku, polisi turut mengantongi identitas seorang pelaku lainnya berinisial RI. Namun, nama terakhir masih dalam penyelidikan. RI dan JF diduga memiliki peran penting sebagai penampung dan penyalur TKI masuk ke Malaysia secara ilegal dari Pulau Rupat.

Sunarto mengaku polisi masih terus menyelidiki peran para pelaku tersebut. Kedua pelaku yang telah diamankan terus digali keterangannya.

Lebih jauh, Sunarto menjelaskan jika hasil penyelidikan terungkap jika kapal nahas yang mengangkut 20 penumpang, termasuk 18 diantaranya calon TKI ilegal itu tenggelam karena dihantam gelombang kuat.

“Kapal tanpa nama ini berangkat dari Sungai Pakalan Buah Rupat Selatan. Jumlah penumpang 18 orang, tekong kapal dua orang, sehingga jumlah seluruhnya 20 orang. Sesampainya di pertengahan jalan sekira pukul 21.30 WIB kapal tenggelam karena terkena ombak kuat," ujarnya.

Menurut Sunarto, dari 20 orang tersebut sebanyak 10 orang yang berhasil diselamatkan oleh kapal nelayan terdiri tujuh laki-laki dan tiga perempuan.

Kepolisian Daerah Riau menyatakan telah menangkap dua terduga pelaku penyalur belasan TKI ilegal yang tenggelam di perairan Selat Malaka, tepatnya di perairan Rupat, Kabupaten Bengkalis, Riau.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News