Polisi Tangkap Enam Orang Debt Collector di Bandung

Polisi Tangkap Enam Orang Debt Collector di Bandung
Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo saat ungkap kasus penagih utang yang menarik paksa kendaraan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Kamis (28/3/2024 ANTARA/Rubby Jovan

jpnn.com, BANDUNG - Polisi menangkap enam orang debt collector atau penagih utang yang menarik paksa kendaraan bermotor milik masyarakat yang disertai dengan intimidasi dan kekerasan di Bandung, Jawa Barat.

Kapolresta Bandung Kombes Kusworo Wibowo mengatakan kejadian tersebut bermula adanya percobaan perampasan dengan kekerasan yang dilakukan oleh para oknum debt collector tersebut.

“Kami mengungkap kasus debt collector atau DC yang bertindak tidak sebagaimana seharusnya dan melakukan pemalangan, pemberhentian dengan paksa terhadap korban di tengah jalan di Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung,” kata Kusworo dalam konferensi pers di Mapolresta Bandung, Kamis.

Kusworo menyampaikan bahwa saat kejadian korban yang sedang mengendarai kendaraan tiba diadang oleh enam orang pelaku dengan melakukan intimidasi dan mengajak korban untuk ikut ke kantor pembiayaan di wilayah Cileunyi.

Dia menambahkan karena korban tersebut merasa tidak mempunyai utang, maka korban menolak ajakan para debt collector untuk menuju kantor pembiayaan.

"Salah satu pelaku berusaha mau mengambil atau merampas kunci kontak yang sedang korban pegang atau kuasai, sambil mengancam akan memecahkan kaca kendaraan milik korban," katanya.

Dia menegaskan kendaraan bermotor yang menunggak kredit tidak boleh diambil paksa karena sudah diatur dalam Undang-undang Fidusia.???????

Kusworo menjelaskan kesalahan yang dilakukan oleh para pelaku adalah tidak mencantumkan nama di dalam surat tugas dari kantor pembiayaan dan juga melakukan pengancaman terhadap korban.

Polisi menangkap enam orang debt collector yang menarik paksa kendaraan bermotor milik masyarakat yang disertai kekerasan di Bandung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News