Polisi yang Dicintai Warga itu Purnatugas

Polisi yang Dicintai Warga itu Purnatugas
Chomari bersama rekan-rekannya sesama anggota kepolisian. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Dua anggota Polsek Tegalsari dinyatakan purnatugas. Acara pelepasan kemarin diwarnai haru dan tangis pilu. Upacara itu dipimpin langsung oleh Kapolsek Tegalsari Kompol David Triyo Prasojo. Namun, pelepasan yang direncanakan untuk dua orang tersebut hanya dihadiri Aiptu Nur Chomari. Satu anggota lainnya, Aiptu Agus, berhalangan hadir karena alasan kesehatan.

Dua anggota yang purnatugas tersebut bertugas cukup lama di Polsek Tegalsari. Nur Chomari telah mengabdi selama 24 tahun. Berat baginya berpisah dengan lingkungan kerjanya. Terutama masyarakat sekitar. ''Banyak warga yang minta saya diperpanjang. Namun, karena sudah aturan, jadi tidak bisa,'' katanya.

Bertugas di bagian babinkamtibmas membuat Chomari sangat dekat dengan warga. Bahkan, saat pelepasannya kemarin, beberapa warga turut hadir. Sejumlah kenangan tidak terlupakan diceritakan. ''Saat menghadapi masyarakat yang baru cerai, lalu tidak mau pisah KK (kartu keluarga). Saya bantu mediasi dengan lurah ke keluarga tersebut,'' tambahnya.

Pria 58 tahun itu juga sangat menikmati pekerjaannya. Selain itu, dia bisa mengimbangi apa pun permintaan pimpinannya yang kerap berganti. Misalnya, kebiasaan menggunakan smartphone yang harus dikuasai benar. ''Supaya pimpinan bisa pantau lokasi kita. Kita harus share location di Whatsapp. Jadi, harus belajar lagi pakai fitur itu,'' ungkap Chomari dengan senyum lebar di wajahnya.

Setelah upacara dan seremonial perpisahan, Chomari diarak keliling ke beberapa titik kota. Mulai Jalan Tunjungan, kemudian di depan Grahadi untuk berfoto, hingga kembali lagi ke mapolsek. Tunggangannya cukup istimewa. Dia diarak dengan menaiki mobil Toyota Alphard. ''Mobil ini dipinjami warga yang dekat dengan Pak Chomari,'' papar David.

Menurut David, Chomari adalah sosok anggota yang dekat dengan masyarakat. Dia membenarkan bahwa banyak tokoh masyarakat yang menginginkan masa tugas Chomari diperpanjang. ''Akhirnya kami minta Pak Chomari untuk melakukan pendampingan kepada petugas baru yang menggantikannya nanti,'' jelas David. (din/c15/ady)

Setelah upacara dan seremonial perpisahan, Chomari diarak keliling ke beberapa titik kota


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News