Politikus PDIP Ini Menilai Kesucian Kota Mekkah Telah Pudar

Politikus PDIP Ini Menilai Kesucian Kota Mekkah Telah Pudar
Jamaah Haji asal Kota Cirebon dilepas dengan tangis dan haru para anggota keluarga yang mengantar di halaman Masjid Raya At-Taqwa Kota Cirebon, 7 Agustus 2015. Foto: Ilmi Yanfa Unnas/Radar Cirebon/JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR, Said Abdullah menuding Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah gagal menjaga marwah kota Mekkah dan Madinah sebagai khadimul haramain (pelayan tamu Allah) bagi umat Islam seluruh dunia.

Karena itu mendesak Organisasi Kerjasama Islam (OKI) segera turun tangan mengambil alih pengelolaan dua kota suci umat Islam tersebut.

"Kita semua berharap  agar wajah Mekah sebagai simbol keagungan dan wibawa Ka'bah sebagi simbol kesucian  bisa dikembalikan oleh OKI," ujar Said Abdullah melalui siaran persnya di Jakarta, Jumat (25/9).

Alasan Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI ini mendesak OKI mengambil alih pengelolaan Mekkah-Madinah, karena menilai kesucian Kota Mekah saat ini telah pudar. Wajah Mekkah telah berubah menjadi kota metropolis tanpa budaya Islam sama sekali.

"Wajah Mekah menjadi wajah batu dan sudah tidak ramah bagi  tamu Allah," ujar Said, yang melihat Ka'bah dan Masjidil Haram telah tenggelam oleh jam besar (Mecca Royal Watch) yang dibanggakan pemerintah Arab Saudi.

'"Jika diambil alih oleh OKI maka kita harapkan kembalinya situs-situs Islam peninggalan Rasulullah dan para sahabat. Jadi, OKI segera mengambil alih pengelolaan dua kota suci umat Islam, Mekkah dan Madinah. Dan jangan biarkan raja-raja Saudi yang tak punya mandat dari rakyatnya merusak dua kota suci tersebut," tegasnya.

Terkait penyelenggaraan haji, politikus asal Jawa Timur ini menilai pelaksanaan tahun 2015 ini paling buruk yang disediakan pemerintah Kerajaan Arab Saudi.  Itu dimulai dengan tragedi crane yang membawa korban ratusan jamaah tewas hingga insiden lempar jumrah di Mina yang korbannya maish terus bertambah.

Karena itu pihaknya meminta Pemerintah Arab Saudi bertanggung jawab ata stragedi tersebut. "Pemerintah Arab Saudi harus bertanggung jawab sebagai khadimul haramain. Umat Islam seluruh dunia datang ke Arab Saudi bukan untuk mati, tetapi melaksanakan rukun Islam kelima," ujarnya.

JAKARTA - Anggota Fraksi PDI Perjuangan di DPR, Said Abdullah menuding Pemerintah Kerajaan Arab Saudi telah gagal menjaga marwah kota Mekkah dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News