Pontianak Raih Penghargaan Pemda Kinerja Sangat Baik

Pontianak Raih Penghargaan Pemda Kinerja Sangat Baik
Wali Kota Pontianak Sutarmidji saat menerima penghargaan. Foto. for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Kota Pontianak meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri (APN) 2017, apresiasi sebagai pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola sangat baik.

Penghargaan diterima langsung Wali Kota Pontianak Sutarmidji di Graha CIMB, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Jumat (10/11) malam.

Penghargaan dari Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) ini diserahkan oleh mantan Wakil Presiden Boediono dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Ketua IIPG Sigit Pramono mengatakan penghargaan yang diberikan bertepatan dengan peringatan Hari Pahlawan 10 November 2017, ini sebagai bentuk apresiasi terhadap mereka yang bekerja dengan terobosan dan inovasi.

Aspek penilaian mencakup tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan juga antikorupsi. Penilai merupakan Tim Independen yang menyaring dari 538 daerah di Indonesia. Diawali survei lapangan dan data laporan keuangan daerah, penetapan APBD tepat waktu hingga inovasi yang dilakukan kepala daerah bagi kemajuan daerahnya.

Dua aspek yang menjadi penilaian IIPG dalam memberikan penghargaan adalah performance (pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan breaktrough result) dan governance (tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan, dan antikorupsi).

IPG telah melakukan penilaian kinerja dan tata kelola pemerintahan sejumlah 34 pemprov, 416 pemkab, dan 98 pemkot di Indonesia. Sebanyak 53 pemerintah daerah mendapat penghargaan dengan kinerja dan tata kelola yang baik. Persentase penilaian; Inovasi 35 persen Tata Kelola Pemerintahan 30 persen SDM 20 persen dan pertumbuhan ekonomi 15 persen. (boy/jpnn)


Dua aspek yang menjadi penilaian Pontianak sebagai pemda kinerja sangat baik adalah performance dan governance.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News