Populasi Badak Jawa Tinggal 35 Ekor

Populasi Badak Jawa Tinggal 35 Ekor
Populasi Badak Jawa Tinggal 35 Ekor
JAKARTA - Populasi Badak Jawa yang menghuni wilayah Semenanjung Ujung Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon semakin menurun. Dari yang sebelumnya berjumlah 50 ekor, sekarang hanya 35 ekor. Yakni terdiri dari 22 jantan dan 13 betina.

Dengan jumlah yang semakin sedikit, maka Badak Jawa diklasifikasikan sebagai satwa sangat terancam punah.

"Ancaman kepunahan ini diantaranya disebabkan oleh faktor makanan yang semakin terbatas, penyakit, perambahan hutan serta bencana alam," jelas Tim Monitoring Badak Jawa, Yanto Santoso, di Kantor Kementerian Kehutanan, Jakarta, Kamis (29/12).

Dipaparkan, untuk mengetahui perkembangan dan jumlah populasi Badak Jawa digunakan metode baru, yakni metode  Video Trap. "Digunakannya metode ini karena perjumpaan dengan Badak tidak mudah. Pada tahun-tahun lalu digunakan metode rekam jejak. Dan hasilnya pun sangat minim," tambah Yanto.

Pada Februari hingga November 2011, Tim Monitoring memasang 44 unit video trap yang disebar di Semenanjung Ujung Kulon. Dengan sasaran seluruh Badak Jawa. "Dan kita berhasil memperoleh 427 klip video film Badak Jawa di habitat alaminya," kata Yanto.

JAKARTA - Populasi Badak Jawa yang menghuni wilayah Semenanjung Ujung Kulon, Taman Nasional Ujung Kulon semakin menurun. Dari yang sebelumnya berjumlah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News