Poster Kontroversial Cantumkan Putri Obama

Poster Kontroversial Cantumkan Putri Obama
MAKAN SIANG - Poster kampanye makanan bernutrisi, yang menampilkan Jasmine Messiah beserta "pikirannya" yang menyebut-nyebut putri Presiden Barack Obama tersebut. Foto: Dok. PCRM.
WASHINGTON DC - Poster-poster itu, yang keseluruhannya berjumlah 14 buah, dipasang serentak di Stasiun Union pekan lalu. Pada setiap lembar poster besar tersebut, sebuah lingkaran pikiran seperti di komik-komik dilukiskan muncul dari kepala seorang gadis kecil cantik berusia 8 tahun. Isinya berbunyi, "Putri-putri Presiden Obama mendapatkan makan siang sehat di sekolah. Kenapa aku tidak?"

Sebuah lembaga non-profit berbasis di Washington DC yang mengkampanyekan reformasi kebijakan nutrisi, seperti diberitakan koran Washington Post, Rabu (12/8), dilaporkan membayar 20 ribu dolar AS untuk dapat memasang poster-poster itu. Mereka bahkan tampaknya telah melakukan lobi istimewa, hingga pihak Metro (pengelola jalur kereta, Red) pun mau menyerah dari aturan ketatnya soal pemasangan poster.

Menurut keterangan pihak LSM itu pula, meski Metro mengizinkan tanpa protes, namun tampaknya tidak demikian dengan pihak pemerintah di Gedung Putih. Hanya berselang 24 jam sejak pemasangan poster-poster itu, Komite Tenaga Medis untuk Obat-obatan yang Bertanggungjawab (PCRM) - nama organisasi itu - langsung diminta oleh pemerintah untuk mencabut lagi semua posternya. Namun mereka mengaku menolak.

Dijelaskan pula, anak perempuan dalam poster tersebut bernama Jasmine Messiah, seorang vegetarian yang terdaftar di sebuah sekolah umum di Miami-Dade County. Sang anak perempuan memang mengaku bahwa dalam menu makan siang sekolahnya tidak disediakan makanan untuk kalangan vegetarian maupun vegan.

WASHINGTON DC - Poster-poster itu, yang keseluruhannya berjumlah 14 buah, dipasang serentak di Stasiun Union pekan lalu. Pada setiap lembar poster

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News