PPP Desak Bupati-Wako Dipilih DPRD

PPP Desak Bupati-Wako Dipilih DPRD
PPP Desak Bupati-Wako Dipilih DPRD
BANDUNG -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) punya pendapat berbeda terkait wacana perlu tidaknya pemilukada langsung dipertahankan. Jika selama ini arus kuat yang berkembang menghendaki pemilihan gubernur cukup dipilih lewat DPRD provinsi dan pemilihan bupati/walikota tetap lewat pemilukada langsung, PPP punya pendapat sebaliknya.

PPP justru menghendaki pemilihan gubernur tetap melalui pemilukada langsung, sedang pemilihan bupati dan walikota lewat DPRD. "Jika sepakat, maka pemilihan tingkat provinsi (pemilihan gubernur) dilakukan secara langsung, dan di tingkat kabupaten kota (pemilihan bupati dan wali kota) dikembalikan ke DPRD," ujar Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan, Suryadharma Ali (SDA), saat pidato politiknya, pada pembukaan Muktamar VII PPP di Gedung Sabuga, Kampus ITB, Bandung, Jawa Barat, Minggu (3/7)..

Dia menilai jika hal itu dilakukan maka bukanlah sebuah pemunduran demokrasi di Indonesia. Tapi, lanjut dia, merupakan sebuah jalan yang dibutuhkan agar kepala daerah tidak sibuk mencari pengembalian atas pengeluaran biaya politik yang sudah dikeluarkannya. "Ini yang bisa menimbulkan kepala daerah berurusan dengan hukum," ungkapnya.

Dia mengatakan, pemilihan kepala daerah dipilih melalui proses yang demokraris memang diamanahkan oleh Undang-undang Dasar 1945. "Tapi, kita harus evaluasi apakah proses demokrasi itu harus dilakukan dengan pilkada secara langsung?," kata SDA.

BANDUNG -- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) punya pendapat berbeda terkait wacana perlu tidaknya pemilukada langsung dipertahankan. Jika selama

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News