Senin, 19 Agustus 2019 – 04:55 WIB

Prajurit Penjaga Perbatasan RI - PNG Juga Berperan Sebagai Guru

Senin, 12 Agustus 2019 – 17:40 WIB
Prajurit Penjaga Perbatasan RI - PNG Juga Berperan Sebagai Guru - JPNN.COM

jpnn.com, PUNCAK JAYA - Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-PNG Yonif Raider 514/SY turut berperan sebagai guru di Kampung Yambi, Distrik Yambi, Kabupaten Puncak Jaya, Papua, Minggu (11/8/2019). Mereka mengajari anak-anak di kampung tersebut. Hal itu sebagai wujud kepedulian dan bentuk partisipasi dalam mencerdaskan generasi penerus bangsa.

Komandan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Raider 514/SY, Mayor Inf Danang Biantoro di sela-sela kegiatan menyampaikan bahwa tanpa ilmu pengetahuan yang memadai maka dapat dipastikan suatu negara tidak akan memiliki kualitas SDM yang mampu bersaing dengan negara tetangga.

“Oleh karena itu peran seorang tenaga pengajar dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sangatlah penting,” ucapnya.

“Tenaga pengajar sangat kurang di wilayah Distrik Yambi. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal, seperti sarana akomodasi yang kurang memadai, ataupun terjadi perang antarkampung yang menyebabkan kegiatan belajar mengajar menjadi terhenti,” ungkap Mayor Inf Danang Biantoro.

Mayor Inf Danang Biantoro menjelaskan pihkanya berinisiatif memberikan pengajaran kepada anak-anak karena kekurangan tenaga pendidikan wilayah ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa pihaknya bukanlah seorang guru yang profesional, namun hal tersebut tidak menyulut semangat untuk mencerdaskan generasi penerus bangsa.

“Selain memberikan pelajaran membaca dan berhitung, personel Satgas Pos Yambi yang dipimpin Letda Inf Andre Rahman Fadhillah juga memberikan pemahaman kepada anak-anak tentang keharusan kita sebagai warga Negara Indonesia untuk bangga dan cinta terhadap bangsa,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Distrik Yambi, Yohannes mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas karena telah mengadakan kegiatan positif yang bermanfaat bagi anak-anak di kampungnya.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar