Prancis Hapus Dominasi Jerman

Prancis Hapus Dominasi Jerman
Pemain Prancis Paul Pogba masuk nominasi kategori pemain muda terbaik. Foto: Getty Images.

jpnn.com - PERSAINGAN menuju tim terbaik di Piala Dunia 2014 masih belum berakhir. Jerman dan Argentina bersaing untuk meraih gelar tersebut di laga final dini hari nanti (14/7) di Estadio Do Maracana, Rio de Janeiro.

Yang juga ditunggu-tunggu adalah kategori pemain muda terbaik. Dalam rilis situs resmi FIFA, ada tiga kandidat terkuat yang bakal merengkuh award itu. Mereka adalah Memphis Depay (Belanda), Paul Pogba (Prancis), dan Raphael Varane (Prancis). Jika salah satu di antara mereka terpilih, maka itu mengakhiri dominasi pemain muda Jerman yang selalu meraih penghargaant tersebut di Piala Dunia.

Pada 2006, saat itu Lukas Podolski menjadi yang terbaik. Sedangkan empat tahun setelahnya, Thomas Mueller menjadi penerus generasi Jerman yang meraih best young player.

Para nominator tersebut dipilih berdasarkan pengamatan tim Technical Study Group (TSG) FIFA. Pengamatan di lapangan menunjukkan ketiganya layak masuk nominasi.

Varane dan Pogba misalnya, dari lima pertandingan yang mereka jalani, empat di antaranya menjadi starter. Bahkan, Pogba menyumbang sebiji gol buat Prancis saat timnya menghadapi Nigeria pada babak 16 besar.

Sementara, Depay telah menunjukkan penampilan impresif bersama timnas Belanda. Dari tiga kandidat, dia menjadi yang tersubur dengan raihan tiga gol. Yang dicapai Depay mirip dengan pemain Brasil di Piala Dunia 2002 Ricardo Kaka, yang saat itu masih berusia 20 tahun.

Sekarang selang 12 tahun setelah kiprahnya di Korea-Jepang, Kaka menyatakan bahwa peran best young player sangat vital. "Peran pemain muda saya yakini sangat penting bagi sebuah tim. Perlu untuk melihat dan menilai bakat mereka, karena mereka adalah bagian dari masa depan sepak bola," katanya kepada situs resmi FIFA.

Dari kategori kiper terbaik juga ada tiga kandidat yang telah dilansir FIFA. Kali ini dua finalis Piala Dunia 2014 menunjukkan dominasinya. Manuel Neuer (Jerman) dan Sergio Romero (Argentina) merupakan representasi dua tim finalis. Sedangkan satu nama lagi yakni, Keylor Navas yang menjadi bintang Kosta Rika dalam sepanjang laga bersama El Ticos-julukan Kosta Rika. (nap/ruk)


PERSAINGAN menuju tim terbaik di Piala Dunia 2014 masih belum berakhir. Jerman dan Argentina bersaing untuk meraih gelar tersebut di laga final dini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News