Prodi Teknik Informatika Universitas Yarsi Latih Petani Ikan Hias Berorientasi Ekspor

Prodi Teknik Informatika Universitas Yarsi Latih Petani Ikan Hias Berorientasi Ekspor
Foto: kiriman dari tim Prodi TI YARSI

jpnn.com, BOGOR - Program Studi Teknik Informatika Universitas YARSI menggelar pelatihan dengan topik utama pemberdayaan kelompok usaha mikro, kecil, dan menengah atau UMKM ikan hias di Desa Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Pelatihan tersebut diikuti 30 pelaku UMKM ikan hias dari kalangan petani pemula dan yang sudah produktif.

Pelatihan yang dimbimbing para dosen Prodi Teknik Informatika Universitas YARSI itu merupakan salah satu kegiatan dari penelitian dan pengabdian masyarakat.

Dosen yang terlibat antara lain Suhaeri, Muslih, Hendra Wicaksono, Hilma Suyana, serta sejumlah mahasiswa.

"Desa Ciseeng dipilih sebagai lokasi pelatihan lantaran sebagian besar masyarakatnya beternak ikan hias seperti koi, koki, dan lohan," kata Suhaeri dalam rilis yang diterima JPNN.com, Rabu (22/12).

Dalam kegiatan P2M tersebut dilakukan pendampingan berupa pembelian ikan indukan (koi dan koki), juga dalam hal pembelian sarana dan prasarana budi daya seperti mesin penggiling daging, open, freezer pendingin, tabung oksigen besar, tabung oksigen kecil, dan diesel.

Selain itu, juga dilakukan pendampingan dalam hal memperluas jaringan pemasaran melalui pelatihan penggunaan portal desa Ciseeng  dan cara mendaftar ke Tokopedia.

"Ada juga pendampingan terkait pelatihan digital marketing menggunakan WhatsApp bisnis, dan tata cara ekspor ikan hias," ujar Suhaeri. (*/adk/jpnn)

Program Studi Teknik Informatika Universitas YARSI menggelar pelatihan untuk kelompok UMKM ikan hias.


Redaktur & Reporter : Adek

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News