Produk Dimana-mana, Antri Panjang ke John Legend

Hari Pertama Java Jazz Festival 2010

Produk Dimana-mana, Antri Panjang ke John Legend
Penampilan John Legend di pentas utama JJF 2010, Jumat (5/3) malam. Foto: Arsito Hidayatullah/JPNN.
JAKARTA - Lokasi Jakarta International (JI) Expo, Kemayoran, Jakarta, sudah ibarat sedang menggelar event rutinnya, Pekan Raya Jakarta (PRJ alias Jakarta Fair) saja, Jumat (5/3) malam. Keramaian khalayak yang datang ke arena eksibisi dan pertunjukan itu, bahkan sudah terasa sejak siang dan sore hari, kendati Java Jazz Festival (JJF) 2010 sendiri sebenarnya secara 'resmi' baru menghadirkan para musisinya pada sekitar pukul 18.00 WIB hari itu.

Mirip dengan nama lokasinya sendiri, JI Expo Kemayoran, Jumat ini juga sudah layaknya sedang mengelar ekspo alias pameran produk. Karena memang, event JJF 2010 sendiri dimeriahkan oleh berbagai booth kerjasama produk tertentu, dengan sederet panjang sponsor yang mendukung langsung kegiatan ini, plus pelaku-pelaku usaha lainnya yang bersifat sebagai penyewa atau pengisi space lokasi di ajang ini.

Walhasil, pengunjung yang sebagian bear adalah dari kalangan anak muda - kendati banyak juga yang dari kalangan usia di atasnya - sibuk mondar-mandir sepanjang sore hingga malam, di sela event yang terasa mirip pameran itu. Sejumlah besar seperti tak hendak berhenti, baik untuk melihat-lihat saja sembari iseng, atau yang memang menuju satu venue (pentas) tertentu demi melihat musisi yang penampilannya ingin dinikmati. Sementara sebagian lagi, kalau tak sekadar beristirahat, bisa juga menikmati beragam makanan dan minuman di arena foodcourt-nya.

Tapi memang, begitulah agaknya kecenderungan ajang festival musik belakangan ini di mana-mana, yang sudah tak bisa semata disebut sebagai gelaran pertunjukan musik semata. Produk yang dijual maupun sekadar dipromosikan menjadi bagian penting darinya, selain memang sengaja digaet (dan diperlukan) sebagai sponsor oeh penyelenggara, sekadar dalam jalinan kerjasama (mitra), atau juga untuk menambah pemasukan sebagai penyewa tempat di lokasi yang memang pastinya ramai dengan khalayak itu.

JAKARTA - Lokasi Jakarta International (JI) Expo, Kemayoran, Jakarta, sudah ibarat sedang menggelar event rutinnya, Pekan Raya Jakarta (PRJ alias

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News