Produksi Batubara 200 Juta Ton

Produksi Batubara 200 Juta Ton
Produksi Batubara 200 Juta Ton

JAKARTA -
Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM mencatat realisasi produksi batubara nasional hingga kuartal III tahun ini telah mencapai 75 persen dari target dalam APBN-P 2010 yang sebesar 275 juta ton. ”Yang tercatat 200 juta ton, tapi sebetulnya lebih dari 200 juta ton, karena masih banyak yang belum masuk datanya. Kalau data yang sudah masuk digabung dengan yang belum tercatat kayaknya sudah 75 persen dari target,” ungkap Direktur Jenderal Mineral dan Batubara  Kementerian ESDM Bambang Setiawan di Jakarta.

Bambang optimistis meski intensitas hujan belakangan ini cukup tinggi tak menggangu kegiatan penambangan. Target produksi batubara yang tahun ini dipatok sebesar 275 juta ton bakal tercapai. ”Target produksi biasanya kita membuat target moderat. Sebanyak 275 juta ton itu target yang moderat dan biasanya selalu di atas target. Saya masih optimistis walaupun dikatakan produksi bisa terganggu hujan tetapi di akhir tahun produksi batubara bisa mencapai 290 juta ton,” ujarnya.

Pihaknya juga meyakini, dengan target penerimaan negara bukan pajak dari sektor pertambangan umum yang dipatok di level Rp 15,2 triliun juga bisa tercapai. Alapagi hingga kuartal III/2010, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) sektor pertambangan umum sudah mencapai Rp 13 triliun. Jika dilihat dari PNBP kita sudah masuk target. Jadi kelihatannya bisa lebih tinggi daripada target,” katanya.

Sementara itu, Bob Kamandanu, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Batubara Indonesia (APBI) memperkirakan, produksi batubara tahun depan bisa mencapai 340 juta ton atau meningkat dari target tahun ini 310 juta ton. “Kami dari pengusaha optimistis target produksi 310 juta ton di 2010 bisa tercapai,” katanya.

JAKARTA - Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM mencatat realisasi produksi batubara nasional hingga kuartal III tahun ini telah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News