JPNN.com

Regulator Harus Bertindak Tegas

Sabtu, 23 Oktober 2010 – 12:57 WIB Regulator Harus Bertindak Tegas - JPNN.com
Regulator Harus Bertindak Tegas

JAKARTA - Regulator pasar modal harus memperketat pengawasan terhadap pelaku industri. Pengetatan pengawasan itu penting untuk menangkal penyalagunaan dana oleh manajer investasi (MI). Karenanya, Badan Pengawas Pasar Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK) harus menjadi wasit dengan melakukan tindakan tegas.

 

Mengacu pada UU No 8 tahun 1995 tentang pasar modal, seluruh perusahaan efek, sekuritas, dan MI sepenuhnya berada di bawah tanggung jawab dan kendali Bapepam-LK. "Jadi, tidak ada alasan Bapepam-LK mengelak dan tidak mengetahui aktivitas yang dilakukan pelaku pasar,” ungkap Yanuar Rizky, pengamat pasar modal di Jakarta.

Yanuar menyebut kasus penyalahgunaan dana Kontrak Pengelolaan Dana (KPD) PT Natpac Asset Management (NAM) sebagai bukti konkret. KPD senilai Rp 333 miliar yang diinvestasikan pada proyek tol Mojokerto-Kertosono tersebut tidak boleh didiamkan. Sebab, dana KPD yang tersalurkan pada proyek itu ternyata mandek menyusul pembebasan lahan yang tidak kunjung terealisasi. ”Saya rasa kalau regulator tegas hal macam itu tidak perlu terjadi,” tukasnya.

Menurut Yanuar, karena KPD belum diatur, sejatinya produk itu dikategorikan sebagai produk ilegal. Karena ilegal tersebut sehingga MI yang mengeluarkan produk itu harus ditindak dan ditertibkan. Namun, jika produk itu sesuai dengan kebutuhan pasar, maka regulator harus mengeluarkan aturan yang jelas dan tegas. "Selain tidak menjadi produk remang-remang juga untuk melindungi investor,” tegas Yanuar.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
auri