Prof Jimly: Supaya Orang Enggak Rebutan, Begitu lho

Prof Jimly: Supaya Orang Enggak Rebutan, Begitu lho
Prof Jimly Asshiddiqie. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPD RI Prof Jimly Asshiddiqie menyatakan ambang batas pencalonan presiden di Pemilihan Umum (Pemilu) pada Pilpres 2024 sebaiknya ditiadakan.

"Mengenai presidential threshold, itu juga begitu, sebaiknya enggak usah ada," kata Prof Jimly saat berbincang dengan jpnn.com pada Sabtu (14/11).

Guru Besar Hukum Tata Negara Universitas Indonesia (UI) ini mengusulkan agar semua partai politik yang lolos ke Senayan berhak mengajukan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (Capres - Cawapres)

Pilihan kedua, seluruh partai yang menjadi peserta Pemilu punya hak mengajukan Capres - Cawapres.

"Kenapa begitu? Supaya orang enggak rebutan, begitu lho. Jadi, peluangnya banyak, kendaraannya banyak," ucap mantan Ketua Pertama Mahkamah Konstitusi (MK) ini.

Prof Jimly Asshiddiqie mengatakan dirinya pernah menjadi pemantau Pemilu internasional di Rusia tahun 2018.

Ketika itu di Rusia ada 34 orang yang diusulkan sebagai capres. Namun, setelah diseleksi KPU setempat, hanya delapan capres yang memenuhi syarat.

"Dari delapan itu yang menang, waduh, Putin (Vladimir Putin-red) jauh sekali, 77 persen. Jadi dia populer sekali. Tetapi yang tujuh calon lainnya tetap dipilih orang, sehingga demokratis begitu lho," jelasnya.

Prof Jimly Asshiddiqie bicara soal pencalonan presiden di Pilpres 2024 mendatang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News