Program PHINLA Tingkatkan Jumlah Bank Sampah di Jakarta

Program PHINLA Tingkatkan Jumlah Bank Sampah di Jakarta
Program PHINLA Tingkatkan Jumlah Bank Sampah di Jakarta. Foto: WVI

jpnn.com, JAKARTA - Wahana Visi Indonesia (WVI) menyambut Hari Lingkungan Hidup Nasional 2023 dengan mengadakan kampanye pengelolaan sampah.

Kegiatan tersebut hasil kerja sama WVI dengan Divers Clean Action (DCA) melalui Program PHINLA.

Kampanye pengelolaan sampah ini adalah bagian dari acara GLOBAL 6K “Water for Sumba” yang berlangsung di Car Free Day, Jakarta, Minggu (21/5).

PHINLA adalah program untuk mengembangkan mata pencaharian bagi penduduk yang terkena dampak kemiskinan melalui sistem pengelolaan sampah multi-sektoral.

Program ini merupakan program global dukungan pemerintah Jerman yang melibatkan tiga negara yaitu Filipina, Indonesia dan Srilanka.

Sejak 2020, WVI dan DCA melakukan pendampingan terhadap 10 bank sampah di 10 RW yang tersebar di 4 kelurahan yaitu Cipinang Besar Selatan (Jakarta Timur), Marunda, Cilincing, dan Semper Barat (Jakarta Utara).

Di 10 wilayah binaan tersebut, program PHINLA mengembangkan sistem pengelolaan sampah berbasis rumah tangga dan komunitas sesuai regulasi yang ada. 

Ketua Bank Sampah Kenanga Nurpiah mengatakan kegiatan memilah sampah bisa berjalan lancar karena dukungan dan semangat para perempuan di wilayahnya.

Program PHINLA berhasil meningkatkan jumlah bank sampah di Jakarta. Simak selengkapnya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News