Program Santun Rangkul PPL Tingkat Provinsi Jatim

Program Santun Rangkul PPL Tingkat Provinsi Jatim
Suasana program kampanye "Santun" (Solusi Cara Banyak Untung) bawang merah bersama Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi Jawa timur di Hotel Atria, Kota Malang, Rabu (25/4). Foto: istimewa

jpnn.com, MALANG - CropLife Indonesia kembali menggelar program kampanye Santun (Solusi Cara Banyak Untung) bawang merah untuk se-Provinsi Jawa Timur. Kegiatan edukasi mengenai pertanian ini benar-benar berbeda dari biasanya.

Jika biasanya kegiatan ini fokus pada peserta PPL, POPT dan Petani Kunci di tingkat daerah, namun kali ini menyasar pada Dinas Pertanian Provinsi dan 30 Dinas Pertanian Kabupaten se-provinsi Jawa Timur.

Kegiatan yang dihadiri 50 orang perwakilan Dinas Pertanian Kabupaten dan Provinsi di Hotel Atria, Kota Malang, Rabu (25/4) ini, menitikfokuskan tema Pelatihan Praktik Pertanian dan Penggunaan Pestisida yang Baik, Aman & Ramah Lingkungan.

Executive Director CropLife Indonesia Agung Kurniawan mengatakan, selama ini, aplikasi pestisida yang tidak rasional merupakan salah satu kelemahan dalam produksi bawang merah di Indonesia.

"Selain mengakibatkan biaya produksi yang tinggi, keuntungan minim dan efek buruk bagi ekosistem, penggunaan pestisida yang tidak tepat guna akan mengakibatkan gangguan kesehatan petani," ujar Agung.

Program edukasi Santun yang digawangi CropLife Indonesia dan Prisma (Promoting Rural Income through Support for Markets in Agriculture) telah banyak bekerjasama dengan Dinas Pertanian di Jawa Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Selama kurun waktu 2017, Santun telah menyentuh sekitar 279 petugas penyuluh pertanian dan 2000 petani (langsung) serta 51.000 petani (tidak langsung) yang akan mendapatkan akses dari pelatihan dan kegiatan yang di laksanakan terutama petani komoditas Bawang merah.

Kegiatan ini juga melibatkan KARSA, sebuah platform aplikasi pertanian berbasis android untuk ikut mempublikasikan dan menyebarkan informasi ke seluruh Indonesia.

CropLife Indonesia kembali menggelar program kampanye Santun (Solusi Cara Banyak Untung) bawang merah untuk se-Provinsi Jawa Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News