PSI Dorong CEPA Eropa Dikebut

PSI Dorong CEPA Eropa Dikebut
Jubir PSI Bidang Ekonomi dan Bisnis Rizal Calvary Marimbo. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambut baik ditandatanganinya Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA). Kesepakatan tersebut rencananya akan diteken pada November 2018.

“Kita sambut baik ini pertanda positif bagi masa depan ekspor kita yang saat ini sedang melemah,” ujar Juru Bicara PSI Bidang Ekonomi, Industri, dan Bisnis Rizal Calvary Marimbo di Jakarta, Minggu (2/9).

Tercapainya kesepakatan itu ditandai dengan kunjungan Perdana Menteri (PM) yang baru Australia Scott Morrison ke Jakarta akhir pekan ini.

Meski demikian, Rizal mengatakan, pemerintah juga harus mempercepat perundingan dengan negara-negara eropa. Pasalnya, perundingan CEPA antara Indonesia dengan Uni Eropa sudah berlangsung lama.

“Perundingan perdagangan Indonesia-European Union Comprehensive Economic Partnership (IEU CEPA) ini sudah berlangsung lama. Memang akan lebih lama sebab melibatkan sekitar 38 negara Eropa, sedangkan dengan Australia, lebih bilateral,” ucap Rizal.

Namun Rizal mengatakan, meningkatkan volume perdagangan ke Eropa sangat penting untuk mendorong ekspor nasional guna menghentikan defisit neraca perdagangan dan membuat rupiah terus terdepresiasi.

“Mengerem impor hanya solusi jangka pendek. Sebab toh yang diimpor barang-barang modal bersifat produktif untuk infrastruktur dan industrilisasi. Berarti didalam negeri ada pergerakan ekonomi yang masif. Hanya saja ada ketidakseimbangan baru. Sebab itu, dalam jangka panjang harus diperkuat ekspor, sehingga rupiah bisa kembali perkasa,” ucap dia.

Rizal mengatakan, IEU-CEPA dapat menjamin akses pasar dan preferensi yang terbaik bagi pelaku usaha Indonesia. Salah satu penyebab masih banyaknya produk Indonesia susah diterima adalah belum tercapainya CEPA antara Indonesia dan Eropa.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menyambut baik ditandatanganinya Indonesia-Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement (IA-CEPA)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News