PT Vale Indonesia Wujudkan Dukungan Kemandiran Masyarakat lewat P3SRLB

PT Vale Indonesia Wujudkan Dukungan Kemandiran Masyarakat lewat P3SRLB
PT Vale mempersiapkan masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian, Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB). Foto: PT Vale

jpnn.com, JAKARTA - PT Vale Indonesia Tbk (PT Vale) mempersiapkan masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian, Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB) di area pemberdayaannya.

Adapun program itu direalisasikan di area pemberdayaan PT Vale Indonesia meliputi empat kecamatan yakni Kecamatan Malili, Nuha, Wasuponda dan Towuti. 

CEO PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy mengatakan program pertanian organik merupakan inisiatif dari PT Vale untuk mendukung pertumbuhan dan produktivitas, serta menjaga keberlanjutan lingkungan. 

Sektor pertanian juga dipilih berdasarkan kondisi daerah yang mayoritas penduduknya menggantungkan nafkah dari bidang ini. 

"Sebab, pertanian organik terbukti mampu meningkatkan hasil panen dan di sisi lain menghemat ongkos selama tanam hingga panen," ungkap Febriany dalam keterangannya di Jakarta, selasa (11/7).

Selain itu, P3SRLB merupakan inisiatif dari PT Vale Indonesia untuk mendukung pertumbuhan dan produktivitas hasil dari para petani dan peternak di sekitar daerah operasionalnya di dalam wilayah pemberdayaan. 

"P3SRLB juga sebagai upaya untuk menciptakan kemandirian masyarakat jika pertambangan bukan lagi menjadi sumber penghasilan daerah mereka," ungkap Febriany.

Menurutnya, program itu sudah dilakukan sejak 2015, dan hingga saat ini telah membina kurang lebih 44 kelompok masyarakat terdiri dari kelompok tani, kelompok Wanita tani, kelompok peternak, kelompok disabilitas dan 10 kelompok masyarakat lokal yang berada di sekitar wilayah pemberdayaan PT Vale. 

PT Vale mempersiapkan masyarakat menuju kemandirian pascatambang melalui program Pertanian, Perkebunan, Peternakan Sehat Ramah Lingkungan Berkelanjutan (P3SRLB)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News