PTN Makin Meragukan Kejujuran Unas

PTN Makin Meragukan Kejujuran Unas
PTN Makin Meragukan Kejujuran Unas
JAKARTA— Ketua Pengawasan dan Pemindaian UN DKI Jakarta Soeprijanto mengaku sudah menemukan sejumlah bukti kecurangan pelaksanaan Ujian Nasional (Unas), terutama pelaksanaan Unas di tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA). Soeprijanto hanya menyebut sebuah sekolah swasta di Jakarta, namun belum membeberkan bentuk pelanggaran yang telah dilakukan.

"Bentuk pelanggarannya masih terbatas pada penggandaan kunci lemari yang digunakan untuk untuk menyimpan soal-soal ujian nasional," kata Soeprijanto kepada wartawan di Jakarta, Rabu (20/4). Menurut Soeprijanto, semua soal Unas harus disimpan di lemari sekolah dan kunci hanya dibawa oleh ketua tim pengawas. Namun, ternyata kunci lemari sudah digandakan oleh pihak sekolah, dan ditemukan soal-soal tersebut sudah pindah ke lemari Yayasan. "

Soeprijanto  menambahkan ketika mendapati kondisi tersebut, pihaknya  sudah memerintahkan pihak pengawas untuk segera mengambil soal Unas tersebut dan dikembalikan ke dalam lemari sebelumnya. Namun, kami juga belum dapat memastikan apakah pihak sekolah sudah membocorkan soal tersebut atau belum,.

Dengan ditemukan sejumlah modus kecurangan itu, Soeprijanto kian meyakini bahwa belum saatnya nilai-nilai hasil Unas diintegrasikan untuk masuk ke Perguruan Tinggi Negri (PTN).(cha/jpnn)

JAKARTA— Ketua Pengawasan dan Pemindaian UN DKI Jakarta Soeprijanto mengaku sudah menemukan sejumlah bukti kecurangan pelaksanaan Ujian Nasional…