Puan: Penyelenggaraan IPU di Bali Bukti Indonesia Dipercaya Dunia

Puan: Penyelenggaraan IPU di Bali Bukti Indonesia Dipercaya Dunia
Ketua DPR RI Puan Maharani (tengah) memberi keterangan kepada media saat jumpa pers di BICC Nusa Dua, Bali, Sabtu (19/3/2022). ANTARA/Genta Tenri Mawangi

jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut ada makna yang dalam ketika Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah Inter-Parliamentary Union (IPU) ke-144.

Secara politik, hal itu membuktikan negara asing percaya Indonesia mampu menyelenggarakan acara kelas dunia.

"Ini membuktikan bahwa Indonesia negara yang dipercaya oleh dunia internasional karena dianggap mampu, nyaman, serta aman," kata Puan Maharani dalam keterangan persnya, Sabtu (19/3).

Legislator Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) itu mengatakan Indonesia harus memanfaatkan maksimal setelah ditunjuk menjadi tuan rumah IPU.

Misalnya, Indonesia bisa berperan aktif dalam penyelesaian berbagai masalah global dan mendorong resolusi bisa diadopsi bersama.

"Jadi, supaya dapat menyelesaikan masalah global yang penting dan dianggap perlu demi mendapatkan perhatian seluruh komunitas yang ada di dunia," kata Puan.

Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan (PMK) periode 2014-2019 itu menyebut tema utama dalam IPU ke-144 yaitu tentang perubahan iklim.

"Tema-tema yang lain tentu saja akan kami bahas," ujar politikus yang beken disapa dengan panggilan Mbak Puan itu.

Ketua DPR RI Puan Maharani menyebut penyelenggaraan Inter-Parliamentary Union atau IPU ke-144 di Bali bukti Indonesia dipercaya dunia internasional.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News