Puas dengan Kerja Jokowi Kok Malah Pilih Prabowo di Pilpres?

Puas dengan Kerja Jokowi Kok Malah Pilih Prabowo di Pilpres?
Presiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto yang menjadi rivalnya pada Pilpres 2014. Foto: Biro Pers Kepresidenan Ilustrasi

jpnn.com, JAKARTA - Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo yang cukup tinggi, menurut Direktur Riset Roda Tiga Konsultan (RTK) Rikola Fedri tidak linear dengan elektabilitas Jokowi yang hanya berada di angka 48,2 persen.

Dari hasil survei RTK melalui wawancara kepada 1.610 responden, sebanyak 62,1 persen menyatakan puas terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.

"Jadi, ada responden menyatakan sangat puas dan puas, namun menyatakan tidak akan memilih Jokowi," ujar Rikola saat merilis hasil survei di Bilangan Lebak Bulus, Jakarta, Kamis (24/5).

Menurut Rikola, sebagian responden yang mengaku sangat puas dan puas dengan kinerja Jokowi, menyatakan akan memilih Prabowo Subianto atau Agus Harimurti Yudhoyono jika pilpres digelar saat ini.

Rinciannya, 5,3 persen menyatakan justru akan memilih AHY. Kemudian 14,3 persen menyatakan akan memilih Prabowo. Ada juga yang menyatakan memilih Gatot Nurmantyo (1,9 persen) dan Anies Baswedan (0,5 persen).

"Sementara yang menyatakan tidak puas dengan kinerja Jokowi, mayoritas menyatakan akan memilih Prabowo. Kemudian AHY dan Anies," ucapnya.

Survei RTK dilaksanakan 21 April hingga 2 Mei lalu, dengan jumlah responden 1.610 orang. Survei menggunakan metode straified systemic random sampling. Margin of error lebih kurang 2,5 persen. (gir/jpnn)


Tingkat kepuasan terhadap kinerja Presiden Joko Widodo yang cukup tinggi, menurut Direktur Riset RTK Rikola Fedri tidak linear dengan elektabilitas Jokowi.


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News