Pulang Amankan Demo, Bus Polisi Terguling

Pulang Amankan Demo, Bus Polisi Terguling
Pulang Amankan Demo, Bus Polisi Terguling

jpnn.com - ROMBONGAN polisi yang baru kembali dari mengamankan demonstrasi buruh di Gedung Negara Grahadi mengalami kecelakaan tadi malam. Bus berukuran sedang yang penuh berisi polisi itu menabrak separator dan terguling di jembatan layang Mayangkara. Sejumlah penumpang terluka ringan.

Kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 19.30. Saat itu anggota Sabhara Polda Jatim pulang dari mengamankan demonstrasi buruh di Grahadi. Mereka menuju Mapolda Jatim dengan truk dan bus secara beriringan sembari menyalakan sirene.

Saat tiba di depan Darmo Trade Center, Wonokromo, sejumlah kendaraan yang mengangkut polisi itu lancar masuk melewati jalan layang. Nahas bagi bus bernopol 14228-X yang berada dalam barisan konvoi. Bus yang berisi sekitar 25 penumpang itu sebelum naik jalan layang menabrakseparator sehingga terguling ke arah kanan.

Subur, seorang tukang becak, melihat langsung kejadian tersebut. Dia sedang mangkal tepat di sisi bus itu terguling. Menurut dia, bus nahas tersebut seharusnya mengikuti kendaraan di depannya yang masuk ke jalur jembatan layang. Apalagi, bus itu berjalan dengan pengawalan. 

Namun, entah mengapa, bus tersebut tidak jelas mengambil lajur ke kanan atau ke kiri. Akibatnya, bus menabrak separator sehingga terguling ke kanan. "Sampai ada suara (benturan, Red) keras tiga kali," katanya. Bahkan, rambu lalu lintas yang melarang kendaraan roda dua masuk jembatan layang ikut patah. 

Lantaran kecelakaan itu, kaca kanan bus yang disopiri Bripda Teguh tersebut pecah dan tersebar di jalan raya. Setelah terguling, penumpang satu per satu keluar dari bus. Mereka langsung berkumpul di pinggir jalan. Tak lama berselang, para penumpang diangkut dengan menggunakan truk untuk melanjutkan perjalanan. Sedangkan bus dievakuasi dengan mobil derek. 

Bripda M. Afid yang duduk di sebelah kiri mengatakan, bus yang ditumpanginya terguling ke kanan. Karena itulah, dia terjatuh dan tangannya terkena pegangan besi. "Tangan saya agak terkilir. Tapi tidak apa-apa," katanya saat ditemui di IRD Rumah Sakit Bhayangkara Polda Jatim tadi malam.

Kabag Bin Ops Dit Sabhara Polda Jatim AKBP Wiyono di tempat yang sama menegaskan bahwa tidak ada penumpang yang terluka parah. "Hanya lecet," ucapnya. Semalam ada tujuh anggota polisi yang dilarikan ke rumah sakit seusai kecelakaan tersebut. 

Kabidhumas Polda Jatim Kombespol Awi Setiyono saat dikonfirmasi mengatakan, kecelakaan itu disebabkan bus yang ditumpangi polisi menghindari mobil yang mengerem mendadak. Mobil tersebut tepat di depan bus polisi saat akan masuk ke jembatan Mayangkara. "Bus menyerempet median jalan, terus terguling," ucapnya. (jun/eko/c10/nw)


ROMBONGAN polisi yang baru kembali dari mengamankan demonstrasi buruh di Gedung Negara Grahadi mengalami kecelakaan tadi malam. Bus berukuran


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News