Pulau Dijual, Keluarga Meradang

Pulau Dijual, Keluarga Meradang
Pulau Dijual, Keluarga Meradang
PAINAN -- Ini bukan soal pulau yang diiklankan atau yang diklaim pihak asing. Kasus yang terjadi di Sumatera Barat ini bisa dikatakan lebih merupakan persoalan internal keluarga besar sebuah kaum adat, tapi tetap terkait dengan pemda setempat. Ada pulau yang dijual, namanya pulau Kumbang, yang hingga kini masih menjadi polemik. 

Pulau itu dijual secara sepihak oleh Sutan Amri Wahit kepada pengusaha asal Bali. Sutan Zainul, salah seorang keluarga pemilik pulau yang masih satu kaum dengan Amri Wahit,  ketika melakukan transaksi jual beli ini, Amri Wahit tidak mengikut sertakan kaumnya yang lain. Sehingga jual beli yang sudah dilakukan itu tidak sah menurut hukum. Di samping itu, Amri Wahit juga dinilai telah melecehkan wibawa pemerintah derah. Karena itu, sudah sepantasnya pihak yang ikut terlibat dalam penjualan pulau ini, diberi ganjaran sesuai aturan dan hukum berlaku.

"Pulau Kumbang yang di jual oleh Amri Wahit itu bukan pembelian ayah dan ibunya, sehingga dia tidak bisa dan berhak menjualnya secara sepihak, atau hanya di setujui oleh mereka beradik kakak saja. Sebab pulau itu merupakan pusako tinggi kaum.  Saya termasuk salah satu orang yang berhak atas pulau itu, nenek saya dengannya beradik kakak. Yang punya pulau itu bukan pula nenek kami itu, tapi  kaum kami yang suku Caniago. Transaksi jual beli ini bisa dikatakan sah, jika semua anggota kaum, baik perempuan maupun yang laki-laki sudah melimpahkan tanda tangan," terang Sutan Zainul yang juga didampingi kakaknya Sutan Saghlul.

 

Karena proses yang dilakukan itu tidak benar dan sudah mengibuli anggota keluarga yang alain, maka kami berharap kepada Pemkab supaya membatalkan penjualan yang sudah dilakukan itu. Di samping itu, kami juga berharap agar Bupati memberi sanksi aparatnya yang telah meloloskan keinginan yang seharusnya tidak dilakukanya. Zainul mengakui, penjualan pulau itu bisa menimbulkan perkelahian di dalam kaum." Saya sangat takut kejadian ini terulang kembali, baik di kaum saya, maupun bagi kaum yang lainya. Cukuplah sekali ini saja kejadian ini terjadi," pungkasnya.(cr11,sam/JPNN)

PAINAN -- Ini bukan soal pulau yang diiklankan atau yang diklaim pihak asing. Kasus yang terjadi di Sumatera Barat ini bisa dikatakan lebih merupakan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News