Puncak Arus Mudik di Stasiun dan Terminal Kota Ini Sudah Lewat

Puncak Arus Mudik di Stasiun dan Terminal Kota Ini Sudah Lewat
Ilustrasi. FOTO: JAWA POS GROUP

jpnn.com - SURABAYA - Ribuan pemudik memadati stasiun dan terminal di Surabaya Minggu (3/7). Senin (4/5) diperkirakan masih ada pemudik yang menggunakan transportasi umum. Tapi diprediksi, jumlahnya tak lebih banyak dan tak sepadat puncak arus mudik yang terjadi Minggu.

Di Terminal Purabaya, lonjakan penumpang kemarin justru terjadi sebelum subuh. Mereka memilih waktu mudik setelah sahur.

Jurusan paling padat adalah Surabaya-Banyuwangi, Surabaya-Jember, dan Surabaya-Ponorogo. Sempat terjadi kekurangan armada. Namun, tumpukan penumpang akhirnya bisa diangkut menjelang siang.

Berdasar data yang tercatat di pengelola terminal, lebih dari 24 ribu calon penumpang memadati Terminal Purabaya saat pagi. Jumlah itu bertambah hingga tengah hari. Diperkirakan total penumpang kemarin mencapai 42 ribu orang.

Plt Kepala UPT Terminal Purabaya Soesandi Ismawan mengklaim bahwa layanan arus mudik masih kondusif. Armada bus yang tersedia di Terminal Purabaya juga masih cukup. Mayoritas penumpang kemarin menuju arah Ponorogo, Tulungagung, Trenggalek, serta Banyuwangi. ''Pemudik tujuan luar Jatim tidak terlalau ramai. Hanya tujuan Semarang yang cukup padat,'' tuturnya.

Ada sembilan bus cadangan yang disiagakan di Terminal Purabaya. Bus tersebut difungsikan jika penumpang mencapai 78 ribu orang. Bus akan melayani trayek yang kosong. Namun, hingga kemarin bus tersebut belum beroperasi.

Soesandi mengimbau pemudik agar berhati-hati. Sebab, ada laporan bahwa banyak calo di sekitar Terminal Purabaya. UPT Terminal Purabaya sudah berusaha mengantisipasinya dengan mewajibkan kru armada menggunakan seragam. Meski begitu, masih ada penumpang yang tertipu oknum calo. ''Mereka tidak menggunakan seragam, karena itu susah melacaknya,'' katanya.

Pemudik juga diimbau untuk tidak segan mencari informasi kepada petugas dinas perhubungan kota di lapangan. Sebab, informasi dari petugas lebih valid. ''Jangan asal minta bantuan orang yang tidak dikenal. Kelengahan calon penumpang bisa dimanfaatkan oknum penjahat,'' jelasnya.

SURABAYA - Ribuan pemudik memadati stasiun dan terminal di Surabaya Minggu (3/7). Senin (4/5) diperkirakan masih ada pemudik yang menggunakan transportasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News