Puskesmas Gratis Cuma Janji

Puskesmas Gratis Cuma Janji
Puskesmas Gratis Cuma Janji
MATARAM-Janji Wali Kota Mataram menggratiskan biaya perawatan di puskesmas per 1 Januari 2012, belum terealisasi. Hingga kemarin, sejumlah puskesmas di Kota Mataram masih menarik biaya pada pasiennya. ‘’Saya masih bayar kok. Kata orang puskesmasnya memang belum gratis. Soalnya perintah dari atasannya belum ada,’’ kata Eni, salah satu pasien puskesmas yang ditemui Lombok Post (Group JPNN), kemarin.

Dari pantauan Lombok Post di beberapa puskesmas, proses pembayaran administrasi maupun obat-obatan memang masih tetap berjalan seperti biasa. Belum ada tanda-tanda bahwa pelayanan di puskesmas akan gratis sesuai janji Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh.

Molornya pemberlakuan grtais bagi pasien puskesmas ini disebabkan belum selesainya regulasi. Sebab, untuk mengatur penggratisan, dibutuhkan payung hukum, minimal penerbitan Peraturan Wali Kota. Sayangnya, hingga saat ini, peraturan wali kota seperti yang dimaksud belum juga diterbitkan.

Saat diwawancarai akhir Desember lalu, Kepala Dinas Kesehatan (Dikes) Kota Mataram IGK Lania mengatakan, payung hukum berupa perwal sedang digodok. Begitupun dengan draf perdanya. Meski DPRD sudah memintanya sejak pertengahan Desember 2011 lalu, tapi hingga saat ini belum juga masuk ke tangan DPRD Kota Mataram.

MATARAM-Janji Wali Kota Mataram menggratiskan biaya perawatan di puskesmas per 1 Januari 2012, belum terealisasi. Hingga kemarin, sejumlah puskesmas

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News