Putra Kim Enggan Jadi Pengganti

Putra Kim Enggan Jadi Pengganti
Putra Kim Enggan Jadi Pengganti
SEOUL - Menjadi pemimpin negara, tampaknya, bukan impian Kim Jong Nam. Putra sulung Kim Jong-Il itu menegaskan tidak tertarik mewarisi kursi sang ayah. Selain itu, dia tidak tertarik mencari tahu siapa yang ditunjuk sang ayah untuk menggantikan kedudukannya.

Pernyataan tersebut disampaikan Jong Nam dalam kunjungan pribadinya ke Beijing akhir pekan lalu. ''Tidak seorang pun yang yakin (siapa penerus takhta Kim) dan hanya ayah yang bisa memutuskan,'' ujarnya dalam wawancara dengan Kantor Berita Korea Selatan (Korsel) Yonhap. Pernyataan Jong Nam itu sekaligus menjawab penasaran media tentang teka-teki pengganti Kim.

Seperti dikutip Associated Press, Jong Nam mengungkapkan sama sekali tidak tertarik membahas isu seputar suksesi. Sebab, dia pun tidak pernah berangan-angan menjadi pemimpin Korea Utara (Korut) yang komunis seperti Kim. Dia juga meluruskan rumor yang menyebut Kim sudah menunjuk putra ketiganya, Kim Jong Un, sebagai pewaris kepemimpinan.

''Tidak bagus berasumsi dan menerka-nerka sebelum keputusan dibuat,'' tandasnya. Sampai sekarang pun, lanjut Jong Nam, Kim masih resmi menjadi pemimpin Korut. Kendati sejak terserang stroke pada Agustus 2008 penampilannya di depan publik jauh berkurang, pria 67 tahun itu masih menjadi pemimpin Korut. Baik secara de facto maupun de jure. (hep/ttg)

SEOUL - Menjadi pemimpin negara, tampaknya, bukan impian Kim Jong Nam. Putra sulung Kim Jong-Il itu menegaskan tidak tertarik mewarisi kursi sang


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News