Rahasia Sukses Bisnis Kopi hingga Pasar Internasional, Bisa Dicontoh

Rahasia Sukses Bisnis Kopi hingga Pasar Internasional, Bisa Dicontoh
Pemilik UD Berkah Alam Lalu Thoriq berhasil mengekspor sebanyak 20 ton biji kopi robusta ke Turki setiap bulannya. Foto: Antara

jpnn.com, JAKARTA - Pemilik UD Berkah Alam Lalu Thoriq berhasil mengekspor sebanyak 20 ton biji kopi robusta ke Turki setiap bulannya.

Usaha Dagang (UD) Berkah Alam, UMKM binaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Nusa Tenggara Barat itu diprediksi bakal melakukan ekspor kopi sebanyak 240 ton hingga akhir tahun ini.

"Kami sudah menjalin kontrak dengan mitra bisnis di Turki untuk mengirim sebanyak 20 ton biji kopi robusta dalam bentuk green bean setiap bulan, jadi total hingga akhir 2022 nanti sebanyak 240 ton," kata Lalu Thoriq, di Mataram, Jumat (21/1).

Menurutnya, keberhasilan kontrak kopi dengan Turki adalah buah dari pameran Coffex Istanbul di Turki pada September 2021.

Keikutsertaan UD Berkah Alam mengikuti pameran difasilitasi oleh Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Istanbul.

Thoriq mengaku biji kopi robusta yang akan dikirim ke Turki sudah siap. Namun, importirnya masih menunggu kepastian tarif pengiriman barang ke luar negeri menggunakan kontainer.

"Sedang mengikuti perkembangan harga kontainer, kalau sudah normal kemungkinan segera jalan di akhir Januari atau Februari, karena pembeli yang menanggung biaya kontainer," ujarnya.

Selain biji kopi, Turki juga berminat memesan bubuk kopi.

Pemilik UD Berkah Alam Lalu Thoriq berhasil mengekspor sebanyak 20 ton biji kopi robusta ke Turki setiap bulannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News