Rajin Pantau TMC dan Status di BB Bisa Hindari Kemacetan Saat Mudik

Rajin Pantau TMC dan Status di BB Bisa Hindari Kemacetan Saat Mudik
Tol Cikampek-Palimanan masih lenggang sekitar pukul 06.00 WIB, Rabu (15/7). Foto: Repro/Yessy Artada/JPNN.com

jpnn.com - PARA pemudik yang hendak melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, kini harus lebih jeli lagi. 

Selain perlu mempersiapkan fisik agar tetap prima menghabiskan waktu berjam-jam dalam kendaraan, pemudik juga perlu rajin mengecek TMC Polda Metro Jaya dan berita untuk mengetahui kondisi lalu lintas di sekitar lokasi yang dituju.

Dengan begitu, pemudik bisa memperkirakan jalur alternatif mana yang bisa dilalui agar terhindar dari kemacetan. Hal tersebut dilakukan oleh Djarot Wahyu Pratomo. Dia bersama keluarganya hendak melakukan perjalanan dari Bekasi menuju Klaten. Sebelum berangkat, Djarot menyuruh anaknya untuk memantau kondisi jalan.

"Tadi sebelum berangkat, saya nyuruh anak saya cek di TMC atau berita online. Jalur mana saja yang macet biar kita punya gambaran," ujar Djarot kepada JPNN.com Rabu (15/7).

Cukup sampai di situ? Belum.

Pemudik kata Djarot, juga perlu memantau update status personal di Blackberry (BB) atau mengecek media sosial lainnya, seperti Twitter maupun Path. Pasalnya, media sosial kini sudah beralih menjadi tampungan keluhan masyarakat.

"Biasanya kan kayak gitu, nggak muda nggak tua, kalau ada apa-apa di jalan yang diberitahu duluan pasti di media sosial. Itu juga informasi penting," tutur pria berusia 52 ini.   

Terbukti dengan cara tersebut, Djarot bersama keluarganya kini tak perlu menikmati padatnya Tol Cikampek dari arah Jakarta, yang sudah terjadi sejak semalam.

PARA pemudik yang hendak melakukan perjalanan pulang ke kampung halaman dengan kendaraan pribadi, kini harus lebih jeli lagi.  Selain perlu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News