Rakernas Repdem: Hasto Ingatkan Sebuah Kisah Bung Karno

Rakernas Repdem: Hasto Ingatkan Sebuah Kisah Bung Karno
Anggota DPR Fraksi PDIP Masinton Pasaribu, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan Ketua DPN REPDEM Wanto Klutuk Sugito saat menghadiri acara penutupan Rakernas DPN-DPD REPDEM, Jakarta, Sabtu (4/3). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com -Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membakar semangat ‎Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), saat menutup Rapat Kerja Nasional Repdem di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (4/3).

Hasto mengatakan, bangsa yang berani meletakkan nasib di tangan sendirilah yang akan berdiri kokoh sebagai bangsa besar. "‎Garis kerja Repdem butuh kekuatan relawan yang siap berjuang selalu. Tugas kita harus menjadi obor kehidupan rakyat. Ciptakan kader militan revolusioner yang tak diam kalau ada ketidakadilan," ujar Hasto.

Menurut Hasto, sikap tak diam melihat ketidakadilan merupakan pengamalan dari Pancasila yang digali dari bumi Indonesia menjadi ideologi bangsa.

"Jangan hanya sekadar berucap. Tapi penting diamalkan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan. Jalan politik kita yang berkeadaban. Bukan menang-menangan, apalagi menghina. Bung Karno memperjuangkan kepentingan bangsa. Mendedikasikan hidupnya untuk bangsa dan negara," ucap Hasto.

‎Hasto kemudian mencontohkan salah satu sikap negarawan Bung Karno, saat membangun Masjid Istiqlal. Menurutnya, Proklamator kemerdekaan Indonesia tersebut tidak memandang suku maupun agama dari arsitek yang membangun salah satu bangunan kebanggaan Indonesia tersebut.

"Arstitekturnya Silaban, beragama Kristen. Termegah di Asia (ketika itu,red). Bung Karno juga membangun peradaban Islam‎. Jadi kita tunjukkan, nilai Ketuhanan dengan PDIP membumikan Pancasila. Nilai Ketuhanan itu artinya tak ada egoisme antarmanusia. Yang ada semangat musyawarah dan kebersamaan," pungkas Hasto. (gir/jpnn)


Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto membakar semangat ‎Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem), saat menutup Rapat Kerja Nasional


Redaktur & Reporter : Ken Girsang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News