Rakyat Berhak Punya Hunian Layak, Anies Tawarkan Program KPR untuk Semua

Rakyat Berhak Punya Hunian Layak, Anies Tawarkan Program KPR untuk Semua
Bacapres Anies Baswedan memaparkan rencananya memfasilitasi setiap keluarga punya saat menjadi narasumber talkshow Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI). di Jakarta, Jumat (10/11/2023). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Bakal capres Pemilu 2024 Anies Baswedan menyatakan seluruh rakyat harus diberi akses kredit kepemilikan rumah (KPR) yang terjangkau.

Kandidat presiden dari Koalisi Perubahan itu pun menggagas program 'KPR untuk Semua' agar memudahkan rakyat memperoleh hak atas hunian yang layak.

“KPR untuk Semua. Semua harus bisa akses KPR dengan harga terjangkau. Bagaimana kredit perumahan rakyat itu bisa diakses semua warga negara,” ujar Anies saat menjadi narasumber talk show Asosiasi Pengembang Perumahan dan Permukiman Seluruh Indonesia (APERSI) di Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 itu menjelaskan programnya tentang mekanisme KPR untuk semua. Program pertama yang ditawarkan Anies ialah KPR berbunga pasti (fixed) 5 persen dan tetap (tidak floating).

Anies mencontohkan program Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SBB) yang tengah berjalan bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). FLPP dan SBB dengan KPR berbunga 5 persen flat hanya pada lima tahun pertama.

Oleh karena itu andai terpilih menjadi presiden, Anies akan memerintahkan bank BUMN menyediakan KPR dengan bunga maksimal 5 persen selama cicilan pembelian rumah pertama.

“Bunga murah tidak hanya untuk rumah baru, tetapi juga bisa untuk rumah bekas sehingga KPR bisa digunakan untuk lebih banyak unit,” kata Anies.

Selain itu, Anies juga menawarkan programnya tentang negara menjamin KPR bagi pekerja informal. Untuk skema program itu, katanya, pemerintah bisa menugaskan Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) atau lembaga penjamin KPR.

Anies Baswedan menyatakan seluruh rakyat harus diberi akses kredit kepemilikan rumah (KPR) yang terjangkau demi memiliki hunian layak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News