Ratusan Senjata Eks GAM Masih Beredar

Ratusan Senjata Eks GAM Masih Beredar
Ratusan Senjata Eks GAM Masih Beredar
ACEH - Polda Nangroe Aceh Darussalam (NAD) meningkatkan pengamanan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Provinsi Aceh. Salah satu target pengamanan yang dilakukan polisi adalah menyita senjata milik eks Gerakan Aceh Merdeka (GAM) yang masih beredar di masyarakat.

Kapolda NAD, Irjen (pol) Iskandar Hasan, mengungkapkan bahwa saat ini jumlah senjata yang masih beredar di masyarakat cukup signifikan. "Angka-angka ini kita hitung, masih signifikan, sekitar ratusan," kata Iskandar di Mapolda NAD, Jumat (18/2).

Menurutnya, menyita sisa senpi yang dikuasai masyarakat bukan pekerjaan mudah, sekalipun sudah ada Perjanjian Helsinki antara Pemerintah Indonesia dengan GAM. Padahal, perjanjian itu mengharuskan GAM menyerahkan seluruh senjata yang dimiliki.

Namun menurut Iskandar, diperlukan pendekatan persuasif kepada warga agar mau menyerahkan senjata yang dimilikinya. Iskandar menambahkan, dari pendekatan persuasif yang dilakukan bersama dengan TNI, sudah 390-an pucuk senjata baik rakitan maupun standar TNI/Polri disita sepanjang tahun 2009 sampai awal tahun 2011.

ACEH - Polda Nangroe Aceh Darussalam (NAD) meningkatkan pengamanan menjelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) serentak di Provinsi Aceh.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News