Polda Aceh Awasi Ponpes yang Terkait Ngruki

Polda Aceh Awasi Ponpes yang Terkait Ngruki
Polda Aceh Awasi Ponpes yang Terkait Ngruki
ACEH--Kepolisian Daerah Nangroe Aceh Darussalam meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah pondok pesantren di Aceh yang diduga memiliki hubungan dengan ponpes Al-Mukmin, Ngruki, Solo, Jawa Tengah. Ponpes yang diawasi itu terutama memiliki sejumlah pendidik yang berasal dari ponpes pimpinan Ustad Abu Bakar Ba'asyir itu.

Direktur Intelejen dan Keamananan (Dir Intelkam) Polda NAD Kombespol Bambang Sutjahjo menyebutkan, langkah pengawasan ini dilakukan untuk mengantisipasi dan membatasi masuknya faham  terorisme di kalangan santri. ''Kita mengawasi ponpes-ponpes yang ustadnya berasal dari Ngeruki,'' ujarnya di Mapolda NAD, Jumat (18/2) siang.

Dijelaskan saat ini dari ratusan Ponpes di Aceh terdapat beberapa yang memiliki pendidik dari Ngeruki. Ini tambah Bambang, merupakan informasi dari sejumlah pelaku terorisme. Keterkaitan kelompok Ngeruki dengan Aceh pernah tercium saat sekelompok warga melakukan pelatihan militer di pegunungan Jalin, Jantho, Aceh Besar awal 2010 lalu. Dimana sejumlah tersangka  yang tertangkap diduga terkait dengan ponpes pimpinan Ust Abu Bakar Ba'asyir itu.

Namun secara khusus Bambang menyebut kelompok yang melakukan pelatihan militer itu tidak terkait dengan kelompok Gerakan Aceh Merdeka (GAM) dan tidak melibatkan warga Aceh. Pasalnya warga menolak keberadaan kelompok itu. ''Jadi tidak ada hubungan antara GAM dengan teroris, malah mereka membantu, membantu pada saat melakukan penangkapan,'' imbuhnya.(zul/jpnn)

ACEH--Kepolisian Daerah Nangroe Aceh Darussalam meningkatkan pengawasan terhadap sejumlah pondok pesantren di Aceh yang diduga memiliki hubungan


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News