Ratusan TKI Ilegal Masuk Melalui Hang Nadim

Ratusan TKI Ilegal Masuk Melalui Hang Nadim
Ratusan TKI Ilegal Masuk Melalui Hang Nadim
NONGSA - Meski nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri banyak yang mengalami nasib buruk, tapi hal tersebut tidak menyurutkan niat masyarakat Indonesia, terutama pulau Jawa dan Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk mengadu nasib di Malaysia. Mereka menjadikan Batam sebagai pintu masuk.

"Dalam sehari bisa 300 hingga 400 TKI tidak resmi yang masuk melalui Bandara Hang Nadim," ujar Ketua Pelaksana Pengendalian Pendatang di Bandara Hang Nadim Dinas Kependudukan (Disduk) Kota Batam, M Thamrin, Jumat (30/11).

Sesampainya di Bandara Hang Nadim, ratusan TKI ilegal bergerombol ke tempat parkir bandara Hang Nadim dipandu salah seorang tekong dan oknum petugas.  Di tempat parkir, para TKI telah ditunggu kendaraan yang hendak mengantarkan mereka ke pelabuhan tikus, seperti Tanjung Memban.

"Jika sering di Bandara kasat mata saja bisa kita bedakan yang mana TKI ilegal dan TKI resmi dan penumpang," ujar M Thamrin.

NONGSA - Meski nasib Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di luar negeri banyak yang mengalami nasib buruk, tapi hal tersebut tidak menyurutkan niat masyarakat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News