Reformasi Jangan Hanya Prosedural

Reformasi Jangan Hanya Prosedural
Reformasi Jangan Hanya Prosedural
JAKARTA -- Ketua DPD Irman Gusman mengimbau segenap komponen untuk meningkatkan sinergi demi mengatasi berbagai persoalan bangsa. Ia mengingatkan reformasi yang berlangsung selama ini baru sebatas prosedural, karena itu perlu diisi dengan subtansi yang sesuai dengan kepentingan bangsa.

"Kini 13 tahun sudah kita melaksanakan agenda reformasi yang diharapkan tidak hanya terjebak pada reformasi yang prosedural saja. Melainkan pada demokrasi yang substansial untuk mendorong penegakan hukum, mewujudkan keadilan, kesejahteraan, kemakmuran, keteraturan, ketertiban dan ketentraman," kata Irman, Sabtu (11/2), saat peluncuran buku otobiografinya yang berjudul Jiwa yang Merajut Nusantara, dan Ultahnya ke-50, di Jakarta.

Ia mengingatkan, berbagai persoalan bangsa yang saat ini muncul terutama di daerah, harus disikpai dengan meningkatkan kerjasama dan sinergitas. "Dengan kesungguhan dan keseriusan untuk mewujudkan masa depan agar keutuhan tetap terjalin di antara seluruh anak bangsa," ujarnya.

Senator asal Sumatera Barat, itu menambahkan, tak ada apapun yang abadi di dunia kecuali perubahan. Artinya tak perlu ada sikap yang menolak perubahan. "Karena, perbaikan menuju kesempurnaan hanya dapat terjadi melalui perubahan yang dilakukan secara matang," katanya.

JAKARTA -- Ketua DPD Irman Gusman mengimbau segenap komponen untuk meningkatkan sinergi demi mengatasi berbagai persoalan bangsa. Ia mengingatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News