Remaja Gorontalo Tinggalkan Bahasa Daerahnya

Remaja Gorontalo Tinggalkan Bahasa Daerahnya
Remaja Gorontalo Tinggalkan Bahasa Daerahnya
GORONTALO - Salah satu nilai kelebihan budaya Indonesia adalah keragaman bahasa daerah. Bahasa daerah Gorontalo merupakan salah satu kekayaan Gorontalo yang wajib dilestarikan, bahkan wajib memasyarakat hingga kalangan anak muda.Namun sayangnya, bahasa daerah Gorontalo kini sudah sangat jarang terdengar, apalagi dikalangan anak muda. Bahkan dalam pemilihan nou uti baik tingkat Kabupaten/Kota maupun tingkat Provinsi para peserta lebih memilih menjawab pertanyaan memakai bahasa Inggris ketimbang memakai bahasa daerah.

Hal tersebut merupakan masalah besar jika tidak ditangani.Tidak diherankan nantinya jika bahasa daerah Gorontalo tidak dapat dilestarikan dikalangan anak muda. hal tersebut disampaikan sejumlah warga yang mengamati perkembangan anak muda. Dzulfikar Lahay warga Bugis misalnya menilai selama ini anak muda kota Gorontalo sudah sangat jarang terdengar memakai bahasa Gorontalo dalam percakapannya, bahkan anak muda lebih memilih memakai bahasa jakarta ketimbang memakai bahasa daerah ."Kalau bahasa daerah tidak dibiasakan dari sekarang maka dikhawatirkan mereka (generasi muda) lama-kelamaan akan merasa sangat asing untuk menggunakan bahasa daerah Gorontalo, dan itu bisa berakibat buruk bagi nilai budaya nanti," jelasnya.

Hal yang senada disampaikan Rahman Fahry warga kelurahan Tamalate,baginya seluruh pihak harus terlibat dalam melastarikan bahasa daerah, baik pemerintah,masyarakat serta anak  muda sendiri. "Kalau ada pemilihan nou uti nanti, harus peserta menjawab pakai bahasa daerah sehingga mereka mau tidak mau harus menguasai bahasa daerah, dilingkungan rumah misalnya orang tua membiasakan anak untuk berbhasa Gorontalo sehingga telinga anak muda tidak asing lagi mendengar bahasa daerahnya, dan untuk disekolah kalau bisa dikhususkan sehari memakai bahasa daerah, dan itu demi kelestarian bahasa daerah," jelasnya. (MG-01)

GORONTALO - Salah satu nilai kelebihan budaya Indonesia adalah keragaman bahasa daerah. Bahasa daerah Gorontalo merupakan salah satu kekayaan Gorontalo


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News