Replika Calon Bayi Sebelum Lahir

Replika Calon Bayi Sebelum Lahir
Replika Calon Bayi Sebelum Lahir
TOKYO– Rasa penasaran para calon orang tua membuat mereka rela melakukan apapun untuk mengintip janin di dalam perut sang ibu. Memanfaatkan kemajuan teknologi, Jepang memperkenalkan replika tiga dimensi atau 3D janin yang terekam lewat USG atau ultrasonography. Kini, para calon orang tua bisa memegang dan memamerkan anaknya. Bahkan, sebelum si jabang bayi tersebut lahir.

Terobosan baru di dunia medis, khususnya kehamilan, itu kali pertama muncul di Kota Tokyo, Jepang. Bekerja sama dengan FASOTEC, sebuah klinik medis menawarkan replika 3D janin kepada calon orang tua. Awalnya, mereka menawarkan replika tersebut sebagai kenang-kenangan. Alhasil, mereka bisa memamerkan replika tersebut kepada kerabat dan sahabat dekat.

’’Karena mengandung adalah pengalaman sekali seumur hidup dengan si janin, banyak perempuan hamil kemudian menghubungi kami untuk memesan replika itu,’’ ungkap Tomohiro Kinoshita dari FASOTEC, perusahaan yang menawarkan layanan itu, Selasa lalu (27/11).

Ketika memperkenalkan replika berjuluk Shape of an Angel itu akhir Juli lalu, dia mengaku hanya mendapatkan tiga pesanan. Menggunakan printer khusus, FASOTEC pun menciptakan replika janin tersebut semirip mungkin dengan rekaman gambar saat USG. Printer canggih itu lantas memindahkan rekaman gambar di layar komputer langsung ke media 3D. Peranti elektronik itu mengukir replika si janin secara detail lapisan demi lapisan. Posisi janin pun persis sama dengan posisinya di dalam perut sang ibu.

TOKYO– Rasa penasaran para calon orang tua membuat mereka rela melakukan apapun untuk mengintip janin di dalam perut sang ibu. Memanfaatkan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News