Restu Jokowi Diakui Menjadi Penentu Sosok Ketum Golkar Mendatang

Restu Jokowi Diakui Menjadi Penentu Sosok Ketum Golkar Mendatang
Ketua DPP Partai Golkar Andi Sinulingga. Foto: Aristo Setiawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar Andi Sinulingga mengakui Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjadi figur penting guna menentukan sosok ketua umum (ketum) partai berlambang pohon beringin yang ditentukan melalui Musyawarah Nasional (Munas).

"Saya yakin bahwa restu Pak Jokowi penting. Penting juga Golkar, penting buat Jokowi," kata Andi ditemui awak media di Jakarta Selatan, Minggu (7/7).

Di sisi lain, kata Andi, Jokowi turut membutuhkan Partai Golkar menyambut pemerintahan ke depan. Terutama untuk mengawal setiap kebijakan pemerintah di parlemen agar tidak menuai halangan.

BACA JUGA: Burhanuddin Muhtadi: Restu Jokowi Tentukan Sosok Ketum Golkar ke Depan

"Dia (Jokowi) pasti cari orang yang bisa dipercaya, menjaga keseimbangan antara PDIP, Golkar dan partai lain. Saya kira dia butuh orang seperti itu," ucap Andi.

Sebelumnya, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai Jokowi menjadi sosok kunci yang akan menentukan Ketum Golkar setelah Munas. Tokoh yang maju calon Ketua Umum Golkar, kata dia, wajib mengantungi restu Jokowi jika ingin terpilih.

"Siapa pun yang menang di Munas mendatang, sangat ditentukan apakah si calon memiliki restu dari kekuasaan atau tidak," kata Burhanuddin.

Dalam analisis Burhanuddin, dua nama caketum Golkar yang diperkirakan maju yakni Airlangga Hartarto dan Bambang Soesatyo. Hingga saat ini, keduanya memiliki hubungan baik dengan penguasa.

Andi menilai Jokowi turut membutuhkan Partai Golkar menyambut pemerintahan ke depan untuk mengawal setiap kebijakan pemerintah di parlemen agar tidak menuai halangan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News