RI Percaya Diri jadi Contoh Tentang Toleransi

RI Percaya Diri jadi Contoh Tentang Toleransi
RI Percaya Diri jadi Contoh Tentang Toleransi
JAKARTA - Republik Indonesia (RI) siap menjadi salah satu contoh negara yang siap dan berhasil menerapkan toleransi dalam keberagaman dan promosi ke tingkat dunia. Menteri Luar Negeri, Marty M Natalegawa meyakinkan agar negara ini menjadi tuan rumah Forum Global ke 6 Aliansi PBB untuk Peradaban (Global Forum of UN Alliance of Civilizations/ UNAoC), tahun depan.

      

Marty mengatakan itu dalam pidatonya saat menghadiri Forum UNAoC ke 5 itu di Wina, Austria, Rabu (27/02) waktu setempat. "Untuk sebuah negara yang beraneka ragam seperti Indonesia, penerimaan atas pluralisme seperti yang terdapat pada semboyan nasional kita Bhinneka Tunggal Ika, adalah fakta kehidupan nasional," ujarnya dalam keterangan resminya, kemarin.

      

Meskipun Marty mengakui jelas bukan tanpa berbagai tantangan. Namun RI dinilainya telah senantiasa mengedepankan demokrasi dalam pengaturan, multikultural, dan multi-agama.

   

Dalam pertemuan itu Marty menggarisbawahi bahwa dialog untuk memeromosikan toleransi dan sikap saling menghargai, harus bersifat inklusif, melibatkan berbagai pihak, terutama pihak-pihak yang mempunyai pandangan-pandangan berbeda.

JAKARTA - Republik Indonesia (RI) siap menjadi salah satu contoh negara yang siap dan berhasil menerapkan toleransi dalam keberagaman dan promosi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News