RI-Saudi Sepakati Forum Perlindungan TKI

Bisa Santap Nasi, Sumiati Operasi Paru-Paru Pekan Ini

RI-Saudi Sepakati Forum Perlindungan TKI
RI-Saudi Sepakati Forum Perlindungan TKI
JAKARTA - Pemerintah menyikapi usul tentang revisi kerja sama pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi. Untuk menekan tingginya penyiksaan dan pelecehan terhadap TKI, Indonesia dan Arab Saudi sepakat membentuk forum khusus setingkat pejabat senior (Senior Officer Meeting atau SOM) terkait perlindungan buruh migran.

Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara Menakertans Muhaimin Iskandar dan Menteri Tenaga Kerja Arab Saudi Adil bin Muhammad Faqeeh di Jeddah kemarin (7/12). Forum itu akan membahas berbagai permasalahan dan juga bekerja sama menyelesaikan kasus-kasus yang menimpa TKI di Arab Saudi. "Kasus penyiksaan TKI belakangan ini disepakati sebagai momentum memperbaiki sistem pelindungan buruh migran di Arab Saudi," kata Muhaimin dalam keterangan tertulis dari Jeddah tadi malam.

Menurut Muhaimin, pertemuan bilateral itu adalah bentuk konkret komitmen Saudi untuk membenahi penempatan dan perlindungan TKI. Kedua negara sepakat untuk memperketat seleksi dan persyaratan perusahaan jasa tenaga kerja asing. Seleksi ketat juga akan diberlakukan bagi para calon pengguna TKI di Saudi, mempermudah akses komunikasi bagi TKI, peningkatan perjanjian kerja, penetapan job order, dan perlindungan asuransi.

Forum itu, lanjut Muhaimin, adalah langkah awal merevisi nota kesepahaman (MoU) penempatan dan perlindungan TKI di Arab Saudi. Selain kesepakatan itu, pertemuan-pertemuan bilateral juga dinyatakan akan rutin dilaksanakan.

JAKARTA - Pemerintah menyikapi usul tentang revisi kerja sama pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi. Untuk menekan tingginya penyiksaan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News