RI-Timor Leste Sepakat Tuntaskan Masalah Perbatasan

RI-Timor Leste Sepakat Tuntaskan Masalah Perbatasan
RI-Timor Leste Sepakat Tuntaskan Masalah Perbatasan
JAKARTA - Perbatasan Indonesia - Timor Leste hingga kini masih menyisakan sengketa. Hal itu menarik perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Xanana Gusmao saat melakukan pertemuan bilateral RI - Timor Leste di Istana Merdeka, kemarin (22/3).

Staf Khusus Presiden Bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah mengungkapkan, masalah perbatasan menjadi isu spesifik yang dibicarakan dalam pertemuan tersebut. "Komitmen kedua negara untuk segera menyelesaikan masalah perbatasan dan juga mengembangkan pengelolaan manajerial di perbatasan," kata Faizasyah di Kantor Presiden.

Menurutnya, dalam menyelesaikan masalah itu, kedua negara tetap memperhatikan hubungan antarmasyarakat di perbatasan yang disebutnya masih baik. "Mereka masih merupakan bagian dari saudara," kata mantan juru bicara Kemenlu itu.

Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan, hingga saat ini masih ada tiga wilayah di perbatasan Indonesia - Timor Leste yang belum menemukan kata sepakat. Dia menyebutkan, dua wilayah perbatasan dan satu enclave, yakni Oekusi. Oekusi merupakan wilayah Timor Leste yang berada dalam provinsi Nusa Tenggara Timur.

JAKARTA - Perbatasan Indonesia - Timor Leste hingga kini masih menyisakan sengketa. Hal itu menarik perhatian Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News