Ribuan Kiai Kampung Akan Deklarasi Dukung Jokowi - Ma’ruf

Ribuan Kiai Kampung Akan Deklarasi Dukung Jokowi - Ma’ruf
Cawapres Ma'ruf Amin menghadiri acara Doa untuk Sulawesi Tengah dan Halaqah Kebangsaan Syuriyah NU dan Kyai Lembur II-III Jawa Barat di Pesantren Al Muhajirin, Sukatani, Purwakarta, Rabu (3/10). Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, PURWAKARTA - Pengurus Besar Majelis Dzikir Hubbul Wathon (PB MDHW) menggelar acara Doa untuk Sulawesi Tengah dan Halaqah Kebangsaan Syuriyah NU dan Kiai Lembur II-III Jawa Barat di Pesantren Al Muhajirin, Sukatani, Purwakarta, Rabu (3/10).

Selain mendoakan para korban bencana alam di Sulawesi Tengah, acara tersebut juga akan diisi dengan deklarasi dukungan 1.500 kiai kampung Jawa Barat kepada pasangan nomor urut satu, Joko Widodo - Ma’ruf Amin.

“Pada prinsipnya, selain acara besok (hari ini, Rabu (3 Oktober, red) akan diisi doa dan zikir kebangsaan untuk mendoakan para korban bencana alam di Sulteng. Besok para kiai kampung Jabar juga akan deklarasi dukungan kepada pasangan Jokowi-KH Ma’ruf Amin,” kata Sekretaris Jenderal PB MDHW Hery Haryanto Azumi di lokasi, Selasa (2/10).

Menurut Hery, dukungan kiai kampung kepada Jokowi - KH Ma’ruf Amin sangat penting mengingat sosok tersebut sangat kuat di masyarakat. Merekalah sesungguhnya penyambung lidah rakyat dan umat.

Kemudian, kiai kampung punya kepemimpinan yang mengakar dan langusung bersentuhan dengan umat.

“Kami dari MDWH mengajak para kiai kampung untuk mendungkung Jokowi - KH Ma’ruf Amin. Para kiai kampung itu penyambung lidah umat, punya kepemimpinan yang mengakar, dan langusung bersentuhan dengan umat,” jelas Hery.

Hery melanjutkan, dalam tradisi nahdliyin, kiai tidak sekadar tokoh panutan dalam urusan agama, tetapi juga sebagai rujukan dalam beragam hal kehidupan, termasuk dalam urusan pilihan politik.

“Identifikasi sosiokultural masyarakat Indonesia itu tidak bisa lepas dari kiai sebagai aktor kuncinya. Pasangan capres - cawapres yang mampu mendapatkan dukung kiai (kampung) berpeluang besar memenangkan kompetisi,” terang dia.(tan/jpnn)


Selain mendoakan para korban bencana di Sulawesi Tengah, acara tersebut juga akan diisi dengan deklarasi dukungan 1.500 kiai kampung Jabar ke Jokowi - Ma'ruf.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News