JPNN.com

Ribuan Petugas Kesehatan Australia Akan Uji Coba Vaksin Virus untuk Lawan Covid-19

Jumat, 27 Maret 2020 – 02:50 WIB Ribuan Petugas Kesehatan Australia Akan Uji Coba Vaksin Virus untuk Lawan Covid-19 - JPNN.com
Ilustrasi virus corona. Foto: diambil dari covid19.go.id

jpnn.com, SYDNEY - Ribuan pekerja kesehatan Australia akan memulai uji coba untuk melihat apakah vaksin tuberkulosis yang sudah berusia seabad dapat melawan virus corona baru, kata para peneliti, yang bergabung dengan uji global terhadap solusi biasa yang sedang berlangsung di beberapa negara.

Vaksin basil Calmette-Gu©rin, atau BCG, diberikan kepada lebih dari satu juta anak per tahun di negara-negara dengan TBC, tetapi para peneliti mengatakan vaksin itu juga dapat memerangi virus corona baru karena kemampuannya untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh secara luas.

Vaksin membantu tubuh melawan virus dan penyakit dengan membangun kekebalan seseorang tetapi tidak menyembuhkan penyakit.

Sekitar 4.000 karyawan rumah sakit Australia akan berpartisipasi dalam uji coba vaksin yang dimulai pada minggu depan, dengan hasil yang diharapkan dalam waktu sekitar enam bulan, kata Murdoch Children's Research Institute (MCRI) di Melbourne pada Jumat.

Separuh peserta akan disuntik vaksin, yang memiliki sedikit efek samping, sementara separuh lainnya akan mengambil plasebo, dan kedua kelompok akan memungkinkan kesehatan mereka dilacak melalui aplikasi perangkat lunak yang terpasang pada ponsel cerdas mereka, kata lembaga itu.

Mereka bergabung dalam uji coba di Belanda, AS, dan di tempat lain, tambahnya.

"Intinya adalah menggunakan kembali vaksin yang sangat lama untuk tujuan baru," kata Nigel Curtis, ketua kelompok penyakit menular di MCRI, dalam sebuah panggilan telepon dengan wartawan.

"Ini baru dan mengasyikkan dan ini benar-benar pertama kalinya vaksin digunakan dengan cara ini," tambahnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...