Ribuan Rudal Bekas Rezim Kadhafi Hilang

Ribuan Rudal Bekas Rezim Kadhafi Hilang
Ribuan Rudal Bekas Rezim Kadhafi Hilang
BERLIN - Jatuhnya rezim Muammar Kadhafi di Libya kini justru menimbulkan masalah baru. Sebab, sedikitnya 10 ribu rudal yang dibeli pada era Kadhafi tidak diketahui lagi keberadaannya alias hilang. Itu memicu kekhawatiran NATO (Pakta Pertahanan Atlantik Utara) yang selama ini memimpin operasi serangan udara PBB atas rezim Kadhafi di Libya.

 

Di tengah kesibukan melacak keberadaan Khadafi di padang gurun Libya, NATO pun mengaku direpotkan soal tersebut. Kemarin (2/10), Laksamana Giampaolo di Paola, yang memimpin komite militer gabungan NATO, mengaku waswas atas kabar hilangnya rudal-rudal tersebut. Dia pun khawatir bahwa rudal-rudal dan roket anti-pesawat itu jatuh ke tangan jaringan Al Qaeda.

 

"Senjata-senjata itu bisa jatuh ke tangan yang salah dan bisa berada di mana saja di seluruh dunia ini, mulai dari Kenya sampai (Provinsi) Kunduz (di Afghanistan)," ujar dia dalam wawancara dengan mingguan Der Spiegel.

 

Terkait masalah tersebut, petinggi militer asal Italia itu lantas menggelar rapat rahasia dengan parlemen Jerman. Rencananya, rapat penting itu akan dilaksanakan hari ini (3/10) di Berlin. "Senjata-senjata tersebut bisa berubah menjadi ancaman serius bagi masyarakat global, khususnya dunia penerbangan," ujarnya merujuk pada roket anti-pesawat yang ikut lenyap bersama rudal canggih.

 

BERLIN - Jatuhnya rezim Muammar Kadhafi di Libya kini justru menimbulkan masalah baru. Sebab, sedikitnya 10 ribu rudal yang dibeli pada era Kadhafi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News