Ribuan Siswa Tak Lulus UN

Segera Diminta Daftar Paket C

Ribuan Siswa Tak Lulus UN
TAK LULUS- Seorang siswi SMU Al Mubarok di jalan raya Jombang Kecamatan Pondok Aren Kota Tangerang Selatan jatuh pingsan setelah mengetahui dirinya dinyatakan tidak lulus. Foto: M JAKWAN/TANGERANG EKSPRES
JAKARTA - Pengumuman ujian nasional (unas) tingkat SMA/MA telah diumumkan oleh sekolah Senin (15/6). Di beberapa daerah masih ada sekolah-sekolah yang siswanya tidak lulus 100 persen. Tingkat kelulusan unas SMA/MA tahun ini sebesar 93,62 persen. Artinya, persentase ketidak-lulusan mencapai 6,38 persen. Jika peserta unas SMA/MA tahun ini mencapai 2,2 juta siswa, maka jumlah siswa yang tidak lulus mencapai sekitar 140.360 orang.

    

Badan standarisasi nasional pendidikan (BSNP) menjadwal ujian kejar paket C bagi siswa yang tidak lulus akan diselenggarakan pada 23-26 Juni mendatang.

Menurut anggota BSNP Yunan Yusuf, pihaknya telah memberitahukan kepada dinas pendidikan kabupaten/kota untuk mendata siswa yang tidak lulus atau mereka yang sejak awal berencana ikut ujian kejar paket C sejak seminggu lalu. Namun, hingga kini belum semua dinas pendidikan kabupaten/kota menyetor daftar peserta ujian tersebut.

    

"Harusnya, Senin ini (kemarin, Red) terakhir, tapi ternyata belum semuanya. Karena itu, kami minta agar segera disetor jumlah siswanya yang hendak ikut kejar paket C," jelasnya. Telatnya penyetoran daftar peserta kejar paket disebabkan pengumuman unas dilakukan tidak serentak. "Ada yang baru mengumumkan hari ini (Senin, Red). Ada juga yang sejak Sabtu lalu," ungkapnya.

   

JAKARTA - Pengumuman ujian nasional (unas) tingkat SMA/MA telah diumumkan oleh sekolah Senin (15/6). Di beberapa daerah masih ada sekolah-sekolah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News