Ridwan Kamil Punya Ide Agar Vaksinasi Covid-19 Berjalan Efektif, Begini Caranya

Senin, 25 Januari 2021 – 23:15 WIB
Ridwan Kamil Punya Ide Agar Vaksinasi Covid-19 Berjalan Efektif, Begini Caranya - JPNN.com
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara pengarahan dari Presiden Joko Widodo. Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden.

jpnn.com, BANDUNG - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengatakan daerahnya akan mengusulkan skema vaksinasi COVID-19 dari rumah ke rumah warga kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Menurut ketua Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Provinsi Jabar itu, usulan tersebut diajukan untuk mengejar tingkat kecepatan dan keberhasilan program vaksinasi yang dicanangkan pemerintah pusat.

Sebab, kata gubernur yang beken disapa dengan panggilan Kang Emil itu, jumlah puskesmas dengan SDM terlatih untuk program vaksinasi sebanyak 1.094 puskesmas, tidak sebanding dengan jumlah 5.312 desa yang ada di provinsi itu.

"Jabar ini daerah pelosoknya masih banyak, puskesmas belum memadai. Jumlah puskesmas ada 1000-an, jumlah desa ada 5.000-an. (Perhitungannya) lima desa hanya ke satu puskesmas," kata Kang Emil, Senin (25/1).

Hal itu disampaikannya usai memimpin Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Jabar di Gedung Sate Kota Bandung.

Karena itu dia ingin meminta izin ke Kemenkes agar dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut, Jabar bisa menjalankan skema vaksinasi yang lebih efektif.

"Maka kita minta izin ke Kemenkes, Jabar akan berinovasi," ucap mantan wali kota Bandung itu.

Menurut Kang Emil, vaksinasi itu akan dilakukan dengan mendatangi rumah-rumah masyarakat menggunakan mobil-mobil yang disulap menjadi kendaraan vaksinasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...