Rio de Janeiro Tuan Rumah Olympiade 2016

Rio de Janeiro Tuan Rumah Olympiade 2016
Foto : AP
COPENHAGEN – Untuk pertama kalinya, kota di Amerika Selatan terpilih sebagai tuan rumah Olympiade. Kota Rio de Janeiro di Brazil dipilih oleh Komite Olympiade Internasional (IOC) sebagai tuan rumah Olympiade 2016. Rio terpilih setelah melalui pemilihan yang dramatis.

Kota pantai yang dikenal dengan karnaval dan hentakan sambanya itu menyingkirkan Madrid yang sebenarnya juga mendapat banyak dukungan. Sementara Chicago yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah, tersingkir pada pemilihan putaran pertama oleh IOC.  Bahkan Dukungan Obama atas Chicago ternyata tak banyak membawa pengaruh. Kedatangan Obama di Denmark, ternyata tak mampu menjadikan Chicago sebagai tuan  rumah.

Obama yang datang untuk mendukung Chicago memamng membuat banyak pihak terpesona, tetapi tidak mampu menaklukkan panitia pemilihan., Salah satu pesaing Rio adalah Tokyo. Namun Tokyo harus tersingkir di pemilihan putaran kedua setelah Chicago tersingkir.

Seperti dilaporkan Associated Press, Presiden Brazil, Luiz Inacio Lula da Silva berhasil meyakinkan para anggota IOC yang bersidang di Denmark, Jumat (2/1). Lula menyatakan, sangat tidak adil jika kota-kota di Amerika Selatan tidak pernah menjadi tuan rumah sementara kota lain di Eropa, Asia dan Amerika utara sudah berkali-kali dipilih sebagai tempat penylenggeraan even olah raga se-jagat itu.

COPENHAGEN – Untuk pertama kalinya, kota di Amerika Selatan terpilih sebagai tuan rumah Olympiade. Kota Rio de Janeiro di Brazil dipilih oleh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News