Robert Tinggalkan Arema, Persema Bangkit

Robert Tinggalkan Arema, Persema Bangkit
Tim Arema Indonesia saat 'meet and greet' di Malang, Juni 2010 lalu.
DARI Kota Malang yang sejuk, selama ini tim sepak bola yang lebih dikenal adalah Arema (kini bernama resmi Arema Indonesia, Red). Selain sudah memiliki sederet prestasi, termasuk yang terbaru sebagai jawara Indonesia Super League (ISL) 2009-2010, klub kebanggaan Aremania itu memang tergolong profesional. Bahkan, jelang berakhirnya ISL lalu saja, sudah banyak yang menyebut-nyebut Arema sebagai contoh tepat dalam pengembangan industri sepak bola dengan klub profesional.

Hanya saja, pasca kegagalan meraih juara di ajang turnamen sepak bola nasional terbesar kedua, Piala Indonesia 2010, seolah ada momentum titik balik dari sukses itu. Hanya menjadi runner up dan harus menyerahkan kebanggaan memegang trofi kepada Sriwijaya FC (SFC), sejumlah pilar Arema pun nyatanya harus ikut 'diserahkan' kepada tim asal Kota Pempek itu. Sebut saja antara lain Noh Alam Shah dan M Ridhuan, dua bintang asal Singapura, hingga yang terakhir Pierre Njanka yang disebut-sebut sudah 90 persen bakal berlabuh di SFC.

Namun yang paling merisaukan dari keberadaan tim Singo Edan - julukan Arema - saat ini, serta nasibnya ke depan, adalah perginya pelatih yang selama ini telah sukses membangun tim itu hingga menorehkan prestasi membanggakan. Ya, Robert Rene Alberts hampir dipastikan mulai musim mendatang ini bakal melatih di tim seberang pulau, PSM Makassar. Kendati sejauh ini belum resmi meneken kontrak, pindahnya Robert ke Makassar bisa disebut sudah hampir beres.

Jauh-jauh hari sebenarnya, Robert sempat menegaskan bahwa kemungkinan dirinya pergi meninggalkan tim Arema bukan hanya karena uang kontrak. Pelatih asal Belanda ini malah mengaku masih memberi tempat untuk tim Arema memperpanjang kontraknya. Hanya saja, lantaran belum ada penawaran resmi dari pengurus Arema, Robert akhirnya mulai serius mempertimbangkan untuk melatih PSM. Hingga kini, pelatih berkacamata itu sudah tinggal teken kontrak dengan manajemen PSM, setelah beberapa hari lalu melakukan proses negosiasi terakhir.

DARI Kota Malang yang sejuk, selama ini tim sepak bola yang lebih dikenal adalah Arema (kini bernama resmi Arema Indonesia, Red). Selain sudah memiliki

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News