Romney Kalah Tiga Kali Beruntun

Romney Kalah Tiga Kali Beruntun
Romney Kalah Tiga Kali Beruntun
WASHINGTON - Persaingan untuk memperebutkan tiket calon presiden (capres) dari Partai Republik belum berakhir. Kemenangan Mitt Romney, 64, dalam pemilihan terdahulu di beberapa kaukus dan primary ternyata tidak berlanjut. Setelah mantan Ketua DPR AS Newt Gingrich sempat "mencuri" kemenangan di primary South Carolina pada 21 Januari lalu, giliran mantan Senator Pennsylvania Rick Santorum, 54, yang membikin kejutan.

Dalam rangkaian pemilihan kandidat capres Republik di Minnesota, Colorado, dan Missouri yang berlangsung pada Selasa lalu (7/2) waktu AS, Santorum meraih kemenangan secara telak. Politikus muda Partai Republik itu berhasil mengalahkan Romney yang menjadi unggulan.

Sebelumnya, Santorum unggul dari mantan gubernur Massachusetts itu dalam Kaukus Iowa bulan lalu. Tetapi, kali ini dia tiga kali secara beruntun mengalahkan Romney di Kaukus Minnesota dan Colorado serta primary Missouri. Dengan empat kemenangan gemilang, dia kini memuncaki bursa kandidat capres Republik.

"Wow! Konservatisme masih ada dan bertahan dengan baik di Missouri dan Minnesota," tutur Santorum sesaat setelah diumumkan sebagai pemenang dalam kaukus di dua negara bagian itu. Di Minnesota, dia meraup 45 persen dukungan. Ron Paul menyusul dengan 27 persen suara dan Romney meraih 17 persen suara. Sedangkan Newt Gingrich berada di posisi ke-4 dengan 11 persen suara.

WASHINGTON - Persaingan untuk memperebutkan tiket calon presiden (capres) dari Partai Republik belum berakhir. Kemenangan Mitt Romney, 64, dalam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News